Header

Cara Ganti Domain Blogspot Dengan TLD

Posted by : Admin On 08 February 2015 10 comments

Mengganti domain blogspot memang banyak dilakukan oleh para Blogger termasuk gw gan. Sebenarnya banyak alasan kenapa kita ganti subdomain blogspot gratis dari Google ke domain TLD seperti com, net, org, info, web id dan lain-lain. Kalo alasan gw ganti domain blog ini cuma biar lebih keren dan profesional aja gan. Walaupun akan ada dampaknya seperti alexa rank turun drastis dan juga penurunan peringkat di pencarian. Namun buat kalian tidak perlu khawatir dengan hal tersebut karena semua itu bisa di atasi dan hanya sementara saja, nanti gw kasi tipsnya di akhir postingan.


Sebenarnya cara ganti domain blogspot itu sangat mudah jika kita tau caranya gan. Buat loe yang mungkin masih kebingungan untuk ganti domain blogspot kali ini gw akan berikan tutorialnya. Sebelum mengganti domain blogspot tentu pertama-tama loe harus mempunyai domain TLD terlebih dahulu. Untuk yang belum punya gw kasi referensi tempat beli domain yang murah Indonesia yang bagus dibawah ini.

1. Idwebhost.com, harga domain com 95rb cek disini
2. Jagoanhosting.com, harga domain com 88rb cek disini
3. Niagahoster.co.id, harga domain com 119rb cek disini

*Harga domain com di atas bisa berubah sewaktu-waktu gan

Kalo sudah beli domain sekarang lanjut loe setting biar blogsoptnya jadi domain yang sudah dibeli tadi. Caranya gw jelasin dibawah ini gan silahkan dibaca, screen shoot gw pake setting via idwebhost gan.


Cara Ganti Domain Blogspot (Idwebhost)


1. Pertama masuk ke klien area ditempat loe beli domain tadi gan. Lalu pilih kelola domain yang mau loe pake buat ganti domain blogspot. Setelah itu pilih manage name server dan ganti name servernya sesuai gambar di bawah ini (dns1.idwebhost.biz, dns2.idwebhost.biz, dns3.idwebhost.org, dns4.idwebhost.com) dan klik ubah nameservers.


2. Sekarang loe buka blogger lalu pilih setting > basic > dan pada kolom publishing klik + Setup a 3rd party URL for your blog. Kemudian ketik nama domain baru loe pada kotak kosong dan harus di awali dengan www gan. Kalo sudah jangan di save dulu gan.


3. Balik lagi ke klien area domain yang tadi, sekarang pilih Alat pengolahan dan klik kelola DNS. Kalo sudah loe buat 4 buah A Record, nama host isi dengan @ lalu jenis records pilih A (address) dan isi alamat dengan 4 IP google berikut ini (216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21, 216.239.38.21) harus beda-beda.

4. Setelah itu buat 2 buah CNAME records, nama host isi www dan kode yang ada di blogger tadi seperti gambar di atas yang gw lingkari garis biru. Lalu jenis records pilih CNAME (alias) dan isi alamat yang www dengan ghs.google.com sedangkan yang kode isi dengan yang ada disampingnya di blogger tadi lalu klik simpan perubahan. Untuk jelasnya hasilnya seperti gambar di bawah ini gan.


5. Sekarang tinggal balik ke blogger dan klik save, biasanya akan muncul peringatan error biarkan saja gan. Loe tunggu 1-24 jam dan balik lagi ke blogger sampai gak muncul eror lagi dan kalo sudah berhasil jangan lupa di centang redirect namablog.com ke www.domainbaru.com ya gan.


Itulah cara ganti domain blogspot ke domain TLD gan gampang kan walaupun penjelasanya sedikit berantakan. Untuk setting di penyedia domain yang lain misal jagoanhosting, niagahoster dll sama saja gan caranya yang ngebedain mungkin tampilan klien areanya saja. Ada sedikit tips dari gw setelah ganti domain blogspot ke domain baru terutama jika blog loe udah lama dan rangkingnya bagus biar kembali normal, cek it dot.

Tips Setelah Ganti Domain Blogspot :


  1. Edit template blog loe ganti semua url namablog.blogspot.com yanga lama dengan www.domainbaru.com
  2. Daftarin ulang blog loe dengan domain yang baru ke alexa
  3. Daftar ulang di webmaster tool dengan domain yang baru dan submit sitemapnya
  4. Buat postingan baru biar postingan dengan subdomain blogspot yang lama cepet di index dengan nama domain baru


Sekian penjelasan gw tentang cara ganti domain blogspot ke domain TLD semoga bermanfaat gan. Kalo ada yang kurang jelas dan membingungkan silahkan ditanya via kotak komentar dibawah.

» Loe suka postingan ini? Silahkan di link back dengan mengcopy kode dibawah gan.

URL :

HTML link kode :

» Luangin waktu 5 detik donk gan buat share postingan ini.

Mau Dapet Updates Gan!

Ikuti SEO Ciyus

10 comments:

  1. tq gan ane lg butuh setting ini.. kunjung balik ya http://findskill7.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. cara mengatasi domain berubah ini gan
    http://mediapembelajaranberbasisweb.blogspot.co.id/2015/09/solusi-memperbaiki-domain-blogspot-com.html

    ReplyDelete
  4. mantap artikelnya gan...ane baru transit ke domain TLD,, wuiih terkatung katung website ane g bisa dibuka sampe sampe operator servernya bingug gak dapat solusi,,ternyata masalah ane ada di No.1,,,langsung saja ane buka tu template,,,eee ternyata ada link ke domain lama yang belum di hapus.... MAKASIH BANYAK GAN,,, ALHAMDULILLAH WEB ANE NGABECIR LAGI ,,,wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  5. sangat membantu, dan akan di coba

    ReplyDelete
  6. terimakasih atas informasinya, salam sukses :)
    TrainerBisnisOnline.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. cra ny gimana ni..??

    konsultan peluang bisnis
    www.iramavania.com

    ReplyDelete
  8. Punya saya kenapa muncul index of pada halaman depan dan muncul 404 jika buka halaman

    ReplyDelete

Yang komen spam dan komen asal ga punya otak bego

Terima Kasih

Admin SEO Ciyus

Berikutnya Sebelumnya