Header

Tutorial Membuat Wordpress Blog Hosting Sendiri

Posted by : Admin On 13 February 2015 6 comments

Wordpress blog hosting sendiri, kenapa bukan Wordpress.com? Mungkin banyak diantara loe yang bertanya kenapa gw lebih milih share cara buat Wordpress blog hosting sendiri dari pada Wordpress.com. Banyak sekali alasanya gan, gak bisa gw jelasin satu persatu tapi yang pasti Wordpress blog hosting sendiri menurut gw lebih keren, bayangin loe bisa mengelola blog tanpa batas, it's your own gan. Kita bisa lebih bebas berekspresi dan juga kita bisa belajar lebih banyak tentang SEO dan dunia webmaster.


Oke gan langsung kita ke topik, apa sih yang loe butuhin untuk membuat Wordpress blog hosting sendiri? Silahkan disimak cara-caranya gan step by step.



Cara Membuat Wordpress Blog Hosting Sendiri

 

  • Yang pertama, loe harus punya nama domain sendiri, loe bisa beli ato pun cari yang gratisan banyak di internet gan search aja di Google. Saran gw buat loe yang pengen buat Wordpress blog hosting sendiri cuma sekedar buat belajar lebih baik pake domain gratisan dulu ato bisa juga pake sub domain gratisan yang bisa loe dapet dari penyedia hosting, ntar kalo udah mahir baru beli domain gan. 
  • Nah setelah loe punya domain selanjutnya loe harus beli ato pun cari web hosting gratisan buat ngehost Wordpress blog loe. Buat pemula cari yang gratisan aja. Loe tinggal pilih mau daftar web hosting gratisan dimana, banyak banget bertebaran di internet gan mau yang indo ato luar negeri. Sekarang tergantung blog loe orientasi pengunjungnya mau dari mana Indonesia apa luar negeri, kalo indonesia lebih baik pake hosting lokal gan. Hosting lokal gratis yang bagus Idhostinger gan, klik aja tu link buat daftar langsung.
  • Setelah loe punya domain dan hosting sendiri, langkah berikutnya loe harus seting DNS ( server nama domain ) loe dengan web hosting yang udah loe pilih. Gw kasi contoh disini pake domain gratisan co.cc gan. Pertama loe log in ke akun domain gratisan loe, yang pasti sebelumnya udah registrasi domain gratis. Trus di halaman akun pilih manage domain, lalu klik nama domain yang mau loe pake trus pilih manage DNS, nah disitu loe ganti nama servernya gan sama nama server web hosting yang udah loe pilih. Pas loe daftar hosting pasti dikasi tau nama server mereka. Contoh server Idhostinger : NS1.IDHOSTINGER.COM, NS2.IDHOSTINGER.COM, gw harap sampe disini loe paham gan.

  • Sekarang daftarin domain loe ke web hostingnya, disini gw pake contoh Idhostinger gan. Loe masuk ke akun Idhostinger lalu klik menu kontrol panel ke 2 dari kiri. Setelah itu loe pilih paketnya, misal paket gratis lalu loe klik order.

  • Lanjut loe isi form dengan lengkap bisa pilih subdomain ato domain, kalo domain sesuaiin sama domain yang udah dibuat tadi gan.

  •  Tinggal ditunggu akun loe diproses cepet paling kurang dari 1 menit gan, setelah akun loe aktif klik tombol beralih.

  • Lalu loe bakal dibawa ke kontrol panel gan. Gak perlu basa - basi sekarang langsung install wordpress blognya gan. Cari penginstal otomatis lalu klik gan.

  • Setelah itu pilih script yang mau di instal disini pastinnya Wordpress klik logo Wordpressnya. Lalu isi tu nama admin sam passwordnya terserah loe. Untuk install ke biarin aja kosong kecuali loe mau install WPnya di sub direktori. Terakhir klik install Wordpress. Tinggal nunggu gan Wordpress blog hosting sendiri loe jadi.



Kalo Wordpress blog loe udah jadi, tinggal log in aja dan selamat menikmati Wordpress blog hosting sendiri gan.

Note : Cuma sekedar ngingetin gan, mudah-mudahan loe buat blog yang bisa berguna bagi orang lain dan bukan blog spam atau blog yang merugikan orang lain.

Happy blogging...

» Loe suka postingan ini? Silahkan di link back dengan mengcopy kode dibawah gan.

URL :

HTML link kode :

» Luangin waktu 5 detik donk gan buat share postingan ini.

Mau Dapet Updates Gan!

Ikuti SEO Ciyus

6 comments:

  1. Apa Blog anda sudah dirubah menjadi dot com ? Jaman sekarang masih pakai blog gratisan, malu dong..!!. Ayo upgrade dan daftarkan blog sobat menjadi website dan beli domain murahnya di ppnz.org, Disana kita juga bisa menjadi reseller Domain, ppnz.org terpercaya gan, saya sudah berlangganan lebih dari 5 tahun.

    ReplyDelete
  2. Maaf teman, sekedarkan menambahkan 2 tempat web hosting gratis indonesia tanpa iklan yang sangat cocok untuk membuat website, yaitu
    webhosting.web.id
    sentorahost.com
    Semoga bermanfaat teman, terima kasih dari seowaps.com

    ReplyDelete
  3. Kalau saya gan biasanya membuat website gratis dengan platform wordpress di webhosting.web.id, anda akan dapat 1000MB dengan bandwidth 100 GB. Ayo buruan daftar gratis di sana

    ReplyDelete
  4. Saya sudah upgrade dari wordpress versi 4.0 ke versi 4.2.2, akan tetapi kenapa malah untuk menjawab komentar tidak muncul.
    Mohon solusinya...

    ReplyDelete
  5. Trimakasih infonya.... sy dah sewa domain dan hosting. tapi bingung mo pake cms yg mana.

    ReplyDelete
  6. I go with Web Hoster's idea.

    ReplyDelete

Yang komen spam dan komen asal ga punya otak bego

Terima Kasih

Admin SEO Ciyus

Berikutnya Sebelumnya