Header

Membuat Blog Agar Lebih SEO Friendly

Posted by : Admin On 02 April 2013 101 comments

Salah satu cara biar blog kita ada di halaman pertama Google adalah dengan membuat blog lebih SEO friendly gan. Disamping isi postingan yang menjadi faktor utama blog ada di halaman pertama Google. Blog yang SEO friendly itu biasanya lebih mudah bersaing di pencarian. Karena robotnya om Google lebih gampang membaca dan menganalisa blog tersebut.


Memang ada juga blog yang gak SEO friendly bisa nangkring di halaman pertama pencarian. Kenapa bisa begitu? karena memang isi dari blog tersebut memang bener-bener unik dan sangat menarik jadi Google memberi nilai plus gan. Mungkin di luaran sana sudah banyak yang membahas cara membuat blog agar lebih SEO friendly, tapi gak ada salahnya kali ini gw juga pengen share hal yang sama gan.

Tutorial ini khusus untuk blog berflatform Blogger gan. Silahkan disimak kalau mungkin blog kalian belum SEO friendly. Siapa tau dengan menyimak dan mempraktekan ulasan gw berikut ini blog kalian bisa ada di halaman depan om Google. Langsung aja ke topik utama cara membuat blog agar lebih SEO friendly, cek it dot gan.



Membuat Blog Agar Lebih SEO Friendly




Sebelumnya gw cuma mau ngingetin aja kalau Blog yang super SEO friendly sekalipun gak akan bisa bersaing di pencarian Google kalau isi postingannya gak unik dan menarik sama sekali gan. Jadi ini hanya salah faktor penting pembantu aja agar blog kita mampu bersaing dan disukai mesin pencari.

Yang pertama kita edit dari sisi Template blog gan. Kode-kode HTML di template blog biasanya yang paling diperhatikan seorang blogger agar blognya lebih SEO friendly. Ada beberapa bagian tempalte yang akan kita edit diantaranya sebagai berikut ini gan.


1. Meta Tag


Pasang meta tag di template blog biar Googlebot lebih mudah merayapi blog kalian gan. Baca di tutorial gw sebelumnya tentang cara memasang meta tag.


2. Title Tag


Buka edit template blog lalu cari kode <title><data:blog.pageTitle/></ title> dan ganti dengan kode dibawah ini gan.

<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
</b:if>

Fungsi kode ini agar judul postingan kita ada di depan judul blog, ini penting untuk posisi di pencarian terutama dengan kata kunci yang persaingannya berat gan.


3. Heading Tag


Kita awali ganti Heading tag untuk postingan, kalian cari kode di bawah ini lalu ganti h3 dengan h2 gan.

<b:if cond='data:post.title'>
<h3>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>

Masih dengan heading tag untuk judul postingan, kalian cari kode dibawah ini lalu ganti h3 menjadi h2 gan. Kadang di beberapa template kodenya akan ada kalimat tambahan itemprop='name' dan memakai h1 tag, tetep lakuin hal yang sama dengan mengganti jadi h2 gan.

<h3 class='post-title entry-title'>
<data:post.title/>
</h3>
 
Atau/Dan

<h3 class='mobile-index-title entry-title'>
<data:post.title/>
</h3>


Lanjut edit heading tag untuk widget, kalian cari kode dibawah ini lalu ganti h2 jadi h3 gan. Sebenernya gak perlu dirubah juga gak kenapa, tapi agar lebih SEO friendly diganti aja gan. Kalau jumlahnya lebih dari satu diganti semua gan.

<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'>
<data:title/>
</h2>
</b:if>

Heading tag ini menurut gw gak begitu berpengaruh, yang penting jangan sampai ada lebih dari satu H1 tag karena bakal bikin robotnya om Google bingung gan.


4. Duplikat Konten (Archive)


Yang terakhir kita pasang kode untuk menghindari duplikat konten dari archive blog gan. Silahkan copy kode dibawah ini lalu paste di antara <head> </head> tag gan.

<b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'>
<meta content='noindex' name='robots'/>
</ b: if>
Jangan sampai ada duplikat konten di blog karena sangat membahyakan kelangsungan blog kalian. Selain penurunan rangking hal ini juga bisa menyebabkan blog lenyap dari pencarian Google gan.


Setelah mengedit template blog sekarang lanjut mengatur tampilan dan struktur blog kita gan. Apa saja yang perlu ditambahkan di blog kita gan. Berikut ini hal-hal yang perlu ditambahan agar blog lebih SEO friendly gan.


1. Google Analystic & Webmaster Tool


Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan di internet. Bisa dikatakan 90% pengunjung blog kita berasal dari Google gan. Oleh karena itu kita harus bersahabat sama om Google dengan cara memasang Google Analystic di blog dan submit blog ke Webmaster Tools. Untuk tutorialnya silahkan cari di pencarian karena gw gak buat soalnya gampang banget caranya gan.

Kedua alat gratisan ini penting dan banyak sekali fungsinya, yang paling utama untuk menganalisa blog kita. Dari hasil analisa tersebut nanti kita bisa semakin meningkatkan kualitas blog dan menambah jumlah pengunjung gan. Memang butuh waktu untuk mempelajarinya, banyak tutorialnya di google gan.

2. Google+


Ini mungkin gak banyak disadari sama para blogger, kalau kita memasang Google+ badge atau button akan membuat blog lebih SEO friendly. Kalian tau kalau Google+ itu kepunyaanya om Google jadi dengan memasang badge ini kita lebih dekat dan bersahabat dengan Google gan.

Kelebihan dari Google+ ini adalah postingan yang kalian share ke Google+ akan cepat terindex Google, lalu kalau kalian sudah menyambungkan Google+ dengan profil Blogger (setingnya ada di dashboard blog) dan foro author muncul di pencarian maka Google akan ngasi nilai plus agar blog kalian lebih bisa bersaing gan. Selain itu juga dapat meningkatkan trafik blog kita secara organik gan. (sekarang sudah gak ada lagi)


3. Menu Navigasi


Buat dan aturlah menu navigasi blog semudah mungkin untuk pengunjung gan. Karena Google gak suka dengan blog yang menu navigasinya menyusahkan pengunjung. Usahakan menu utama kalau pakai dropdown jangan yang menggunakan Javascript tapi cukup dengan CSS aja gan.

Kalau blog kalian isi postingannya banyak, tambahin menu navigasi Blog Archive atau Label. Jangan pakai label cloud yang menggunakan Flash karena akan membuat blog tambah berat gan. Bisa juga pasang breadcrumbs kalau postingan di blog sangat banyak gan.


4. Widget


Untuk widget ini masalah selera aja, tapi usahakan jangan memasang widget yang menggunakan Flash gan. Widget yang penting harus dipasang antara lain widget Popular Post, lalu Related Post dan Share Button ke Sosial Media gan. Ketiga widget tersebut sederhana namun sangat berguna untuk membuat blog lebih SEO friendly dan meningkatkan pageview serta backlink gan.

Tambahkan juga widget email subcription dari Feedburner untuk menambah jumlah pengunjung blog gan. Tambahan aja kalian juga bisa submit blog ke Alexa dan pasang widgetnya di blog, karena Alexa Rank salah satu faktor penting untuk memoneytize blog selain Page Rank gan.

Intinya sebelum memasang widget dipikir dulu apa perlu dipasang atau tidak gan. Jangan memasang widget cuma untuk memperkeren blog, gak ada gunanya malah bikin blog tambah berat gan.


Sekian dulu yang bisa gw share tentang cara-cara membuat blog agar lebih SEO friendly gan. Cuma ngingetin aja jangan pusing mikirin SEO tapi fokus membuat postingan yang semenarik mungkin untuk pengunjung bukan Google gan. Semoga postingan ini bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa ninggalin komentar ya gan.

» Loe suka postingan ini? Silahkan di link back dengan mengcopy kode dibawah gan.

URL :

HTML link kode :

» Luangin waktu 5 detik donk gan buat share postingan ini.

Mau Dapet Updates Gan!

Ikuti SEO Ciyus

101 comments:

  1. Keren gan.
    Kunjungi balik gan rujak mobile blog

    ReplyDelete
  2. Nah tu ada saran dari master, silhkan dknjungi juga blognya,.

    thanks gan,. :l

    ReplyDelete
  3. Mantap postingannya bro...
    Mohon di review blog saya yak...www.agentasdotcom.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Ana coba praktekin gann....... sipppp dahhhh..........:a :a

    ReplyDelete
  5. numpang nyari infogan. stelah saya baca isi konten memang benar orijinal memang harus di utamakan. makasih banyak.
    bisnis online

    ReplyDelete
  6. terima kasih kang telah membantu saya dalam me-optimalkan tempe saya heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Irman, Ponda, Semar, & elesiss : thanks agan2 semua,. :l

      Delete
  7. infonya sangat membantu bagi newbi sperti saya da langsung di praktekin di blog ane www.salotong.com

    ReplyDelete
  8. keren oey tampilannya.... mampir kegubuk ku gan http://pulsappreload.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. mantab, bwt yang mash newbi ini.. thx

    ReplyDelete
  10. @samantha: sama2 mbak.

    @riska: ya mbak, kalau untung gede inget2 ntar nyumbang. :r

    ReplyDelete
  11. mantab gan,, kunjung balik yaa, :r

    ReplyDelete
  12. Oke makasih gan, yang ga pake edit html ada ga he,,,,

    ReplyDelete
  13. Wah mantap gan, langsung dicoba aja dehh gann
    Salam blogger ,,, Folback ya http://novaibnu.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. kalo pakewordpress sama ga ya gan?!?
    masih binun nh ane :D

    ReplyDelete
  15. gan, kan ditampilan blogger baru ada penyetelan "tajuk Robot" apa perlu kita pasang lagi seperti pd point 4. tentang duplikat konten. Maklum gan masih newbie nih. Makasih gan atas infonya. sukses selalu.

    ReplyDelete
  16. matursuwun admin; sungguh teramat berguna postingan dikau... salut;;;:c

    ReplyDelete
  17. saya pake wordpress, cara diatas bisa dipake ngga ya, Gan Ciyus?
    blognya mantap nih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan tapi untuk tag2nya beda penempatannya, tergantung themesnya gan,. :l

      Delete
  18. Makasih gan n semoga sukses..

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Mantap gan Ciyus, sangat bermanfaat .. :l
    kunback yaah hihi .. http://vary-study.blogspot.com
    saya masi tahap belajar, mohon saran dan kritiknya melalui komentar .. :r

    ReplyDelete
  21. Ternyata banyak juga ya, yang harus diperbaiki.
    Makasih atas sarannya.

    Btw, makasih atas templatenya.

    ReplyDelete
  22. Terima kasih gan atas sarannya...
    Akan saya terapkan dan semoga berhasil.
    Ditunggu post berkualitas berikutnya, gan :D

    Nice blog.

    ReplyDelete
  23. Masih bingung, maklum baru pertama kali bikin blog gan.

    iskandar2dua.blogspot.com

    ReplyDelete
  24. masih bingung, maklum baru pertama kali bikin blog gan.

    iskandar2dua.blogspot.com

    ReplyDelete
  25. ane coba dulu gan trik nya, semoga berhasiluntuk blog baru ane :D

    ReplyDelete
  26. terima kasih bermanfaat menambah wawasan salam kenal

    ReplyDelete
  27. saya rasa masih bnyak lagi trik" lainnya..tpi yang x ini mantab lah buat di coba :D

    ReplyDelete
  28. kunjungan gan

    http://sadrachkurniawan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  29. Tipsnya lumayan banyak gan, dan saya akan mencoa mempelajarinya satu per satu dahulu ^_^

    ReplyDelete
  30. Makasih banyak gan
    manfaat banget buat blog ane
    www.dokterdesa.com

    ReplyDelete
  31. ane coba nih tipsnya gan.

    ReplyDelete
  32. Thanks gan informasinya, ditunggu ya kunjungan nya kembali " http://cidome.blogspot.com/ "

    ReplyDelete
  33. terima kasih gan atas infonya, nice :d
    kunjungi blog ane ya gan
    animevisual-21.blogspot.com

    ReplyDelete
  34. tutorialnya keren, patut dicoba

    ReplyDelete
  35. tutorialnya keren, patut dicoba,,,,,

    ReplyDelete
  36. thanks gan, kunjungan balik..
    B-)
    ane msih newbie..
    http://opek-manuver.blogspot.com

    ReplyDelete
  37. wah..ini yang lagi saya cari...tolong review donk blog saya
    http://blogkelaspemula.blogspot.com

    ReplyDelete
  38. trima kasih mantaps tipsnya..

    ReplyDelete
  39. Mantab Gan infonya, terima kasih salam kenal.

    ReplyDelete
  40. thanks bro...
    http://workathomewoles.blogspot.com/

    ReplyDelete
  41. Info yang menarik. Salam kenal.
    Kunjungi balik ya sob, http://mohammadrobih.blogspot.com
    Blogwalking :c

    ReplyDelete
  42. Wahh bagus simpel nda berbeit belit, saya coba belajar ngeblog nanti dan pasang apa yang agan ajakan, thenk berat

    ReplyDelete
  43. saya masi khawatir salah mas kalo masalah utak-atik kode html...
    saya lebih suka memakai template yang sudah SEO friendly... mengandalkan mas kolis dan kang ismet aja deh...
    salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee andalan yyahh,,, liat blog 100% seo saya di http://extroniks.blogspot.com/

      salam kenal smua

      Delete
  44. thanks sob tutorialnya sangat membantu saya yg baru belajar ngeblog. Kalau berkenan kunjungi juga blog saya di http://lintas-tutor.blogspot.com

    ReplyDelete
  45. makasih kang atas sarannya
    http://harafimulki.blogspot.com

    ReplyDelete
  46. terima kasih banyak atas tips SEOnya bos , :D

    http://www.tvonlineku.com
    http://www.nontonseru.com

    ReplyDelete
  47. banyak banget pelajaran yang bisa ane dapetin dari sini gan (y) ...
    thank's banget loh gan :c
    jangan lupa kunjungin balik blog ane loh gan, siapa tau aja agan mau pasang Antena TV, Parabola, Penangkal Petir atau CCTV gan hehe :a
    g-parabola.blogspot.com
    jasa-penangkalpetircctv.blogspot.com
    pasangparabola-antenatv.blogspot.com

    ReplyDelete
  48. oke bos,ditunggu kunbalnya di
    http://zeen66.blogspot.com

    ReplyDelete
  49. Waaah lumayaan buat diterapin di blog ane gan -> www.JasaKarikaturJaka.blogspot.com
    Matur suwun mas !!

    ReplyDelete
  50. Waah lumayan buat diterapin di blog ane gan -> www.JasaKarikaturJaka.blogspot.com
    Matur suwun mas !!

    ReplyDelete
  51. Info yang bermanfaat patut Saya Coba Gan Thanks Infonya
    http://creampemutihwajahdibandung.blogspot.com

    ReplyDelete
  52. terimakasih Gan..... sangat bermanfaat..
    mohon di kunjungi buat yang suka mempercantik tampilan komputer, ada tema gratis buat windows hhheee
    http://gaviethemes.blogspot.com/

    ReplyDelete
  53. terimakasih Gan..... sangat bermanfaat..
    mohon di kunjungi buat yang suka mempercantik tampilan komputer, ada tema gratis buat windows hhheee
    http://gaviethemes.blogspot.com/

    ReplyDelete
  54. Makasih gan atas infonya. Tapi apakah widget mempengaruhi SEO blog yang sudah diberikan metta dan keyword ??

    ReplyDelete
  55. Terimakasih banyak infonya gan, jangan lupa mampir di
    dupenet.blogspot.com

    ReplyDelete
  56. bisa dicoba nih buat blog ane biar lebih seo, tanks

    belajaroffice.com (tutorial belajar ms office)

    ReplyDelete
  57. Terima kasih infonya gan ....

    by http://www.jurnaltaqin.com/

    ReplyDelete
  58. gan maksutnya back link apa an? saya baru saja belajar bloger mohon bimbingan nya..

    ReplyDelete
  59. ok mkasih gan triknya,, udah ane pasang di http://portalinfoandroid.blogspot.com/

    ReplyDelete
  60. mantaaap.... terima kasih tipsnya gan..

    ReplyDelete
  61. triknya uajib bingit gan.. tpi untuk cara 4 masih agak bingung nie....

    kunjungin balik ya gan http://androidtenan.blogspot.com

    ReplyDelete
  62. saya sudah memiliki website dengan nama http://www.hangerwood.com/ apakah sudah SEO-Friendly?

    ReplyDelete
  63. makasih gan tipsnya, udah ane pasang di https://ikjamikalmasoem.blogspot.com/

    ReplyDelete
  64. mantap dah artikelnya
    http://acemaxs31.com/obat-herbal-hernia-ampuh/

    ReplyDelete
  65. makasih banget tutorialnya, salam kenal dan berkunjung di http://gudang-download-all.blogspot.com/

    ReplyDelete
  66. Informasi yang sangat bermanfaat :)
    http://goo.gl/kzpnBF

    ReplyDelete
  67. keren.. mash blajr ngblog ne.. www.mahrunngunuae.blogspot.com

    ReplyDelete
  68. makasih gan infonya dicoba dulu kunjungi blog sya djdwialova.blogspot.com

    ReplyDelete
  69. sangat bagus n perlu dicoba nich http://lifeandlim.blogspot.com/

    ReplyDelete
  70. sangat bermanfaat,terimakasih gan

    ReplyDelete
  71. Yang anda tulis di blog ini memang salah satu tips agar membuat blog SEO friendly, menurut saya Uniqe Konten & Berkualitas tetap menjadi andalan utama,
    Jika berkenan silahkan mampir ke blog saya, disana saya juga menulis tentang SEO sebagai referensi lain.

    http://gratisko.blogspot.com/2015/08/cara-membuat-blog-yang-seo-frienldy.html

    ReplyDelete
  72. sangat bermanfaat mas, terimakasih

    ReplyDelete

Yang komen spam dan komen asal ga punya otak bego

Terima Kasih

Admin SEO Ciyus

Berikutnya Sebelumnya