Header

Tips Memulai Blogging Untuk Pemula Banget

Posted by : Admin On 28 March 2013 468 comments

Punya blog itu asyik karena kita bisa nulis sesuatu yang kita pikirkan dan membaginya ke jutaan orang melalui internet gan. Buat sebagian orang blogging itu hanya sebuah hobi ( gw banget ) dan buat sebagian lagi blogging itu merupakan sebuah pekerjaan bener gak gan? Untuk menjadi seorang blogger sebenernya gak susah-susah amat, yang penting punya ide buat bisa dituangkan menjadi sebuah karya tulis beres gan.


Buat loe yang mungkin baru ingin memulai blogging, kali ini gw punya sedikit tips. Tips ini semuanya dari pengalaman gw aja selama ngeblog gan. Yang namanya pemula wajar kalau gak begitu ngerti tentang dunia perbloggingan. Oleh sebab itu kita harus terus belajar dan belajar gan. Gw aja ampe sekarang masih terus belajar biar bisa jadi blogger yang profesional ( cita-cita ).

Dari ngeblog banyak keuntungan yang bisa kita dapet, diantaranya jadi punya banyak temen, menambah pengetahuan dan bisa menghasilkan duit juga gan. Kita langsung aja ke topik utama, berikut ini gw bakal share tips memulai blogging untuk pemula banget gan. Inget untuk pemula banget, kalau loe udah senior silahkan aja di baca-baca siapa tau berguna gan.



Tips Memulai Blogging Untuk Pemula Banget




Sebelum memulai blogging tentu harus punya blog, kalau belum punya ya buat dulu gan. Banyak platform blog gratis yang bisa loe pake misal Blogger, Wordpress, Tumblr, TypePad dan masih banyak lagi, silahkan dipilih sesuai selera aja gan. Kalau mau buat blog di Blogger bisa baca tutorial membuat blogspot.

Kalau buat blog usahain namain blognya yang unik, menarik dan gak terlalu panjang. Misal pake nama loe aja gak masalah atau nama yang ada kaitannya sama topik blog yang bakal loe buat gan. Udah buat blog sekarang lanjut ke tips-tipsnya, cek it dot gan.


1. Tujuan Dan Topik



Tentuin apa tujuan loe blogging misal cuma buat fun, hobi, cari duit atau yang lainnya. Ini penting karena biar kedepannya loe bisa jadi seorang blogger yang jelas dan fokus gan. Maksudnya loe gak bakal berubah-rubah haluan dan ngikut-ngikutin orang laen. Kalau cuma ngikutin orang laen gak bakal sukses, karena setiap blogger punya kelebihan sendiri-sendiri gan.

Tujuan udah jelas sekarang tentuin topik blog loe gan. Sebaiknya topik blog sesuai sama hobi atau hal-hal yang loe sukai. Alasannya sederhana aja karena loe bakal lebih mudah dapet ide buat nulis postingan. Buat blogger ide menarik itu yang paling susah dicari gan. Selain itu kalau loe buat blog yang ada hubungannya sama hal-hal yang disukai, itu bakal bikin loe ngerasa lebih enjoy dan semangat ngelola blognya jadi bakal gak ada matinya gan.


2. Menulis Postingan



Udah punya blog dengan tujuan dan topik yang jelas, sekarang saatnya memulai menulis postingan gan. Sebelum mulai nulis, loe pasti pengen kelak postingan yang dibuat bakal dibaca banyak orang ya kan gan. Untuk itu loe perlu cari tau apa yang disukai dan menarik perhatian orang. Cara sederhana aja loe search di Google, ide menarik yang bakal loe tulis. Dari situ loe bakal tau berapa jumlah blog yang udah buat postingan tentang ide tersebut gan.

Manfaatin Google Keyword juga buat nyari tau jumlah orang yang mencari dan tingkat persaingan kata kunci gan. Ini penting karena sebagai pemula loe gak bakal bisa langsung ngalahin blogger-blogger senior dan nembus halaman depan Google semua butuh waktu gan. Jadi awalai dari yang tingkat persaingannya gak terlalu tinggi gan.

Buat postingan yang semenarik mungkin, usahain pake gambar kalau buat postingan karena " sebuah gambar lebih bermakna dari pada ribuan kata-kata " gan, memberi manfaat buat yang baca, bahasanya mudah dimengerti ( tulis sesuai gaya loe jangan ikut-ikutan orang ), jangan terlalu mikirin SEO ( gak penting buat pemula banget ), sering-sering update postingan biar blog loe di indexnya cepet sama Google juga bikin Alexa rank semakin bagus dan menulislah dengan tulus pasti hasilnya bakal maknyus gan.

Jangan pernah buat postingan yang gak sesuai dengan fakta alias nipu gan. Dan satu kesalahan seorang pemula biasanya seneng copas postingan orang laen, dengan tujuan biar isi postingan blog jadi banyak. Buat apa gan isi blog loe banyak tapi gak menarik dan cuma hasil copas?

Kunci sukses sebuah blog ada pada isi postingannya gan. Isi yang menarik selain disukai sama pengunjung juga bakal bikin postingan tersebut ada di halaman depan Google. Ini fakta bukan mimpi, silahkan dibuktikan sendiri gan.


3. Mencari Sesuatu ( Inspirasi )



Nyari sesuatu apaan ni gan? gini gan maksudnya mencari sesuatu itu loe sering-sering berkunjung ke blog orang laen istilah kerennya Blogwalking terutama blog-blog yang top, keren dan jumlah pengunjungnya banyak. Tujuannya ya buat mencari sesuatu yang berguna untuk kemajuan blog loe. Pertama amati gimana cara yang punya blog itu menyampaikan isi postingannya, terus desain blognya dan hal-hal menarik lainnya, yang kirannya nanti bisa jadi inspirasi dan diterapkan di blog loe gan.

Beda kalau loe udah senior gak perlu ngelakuin hal beginian sering-sering, karena orang laen yang bakal blogwalking ke blog loe gan. Coba aja loe cek mana ada blogger senior blogwalking kesana kemari terus ninggalin komen di blog orang laen, jarang banget kan. Bukannya mereka sombong tapi mereka udah punya pendirian dan fokus ke blognya sendiri gan.

Saat berkunjung ke blog orang laen kalau loe ngerasa dapet inspirasi, ada baiknya loe ninggalin komen gan. Buat komentar yang biasa aja gak pake ninggalin link-link segala, belajar jadi blogger yang punya tata krama biar loe dihargai sama temen-temen blogger yang laen gan. Boleh aja ninggalin link tapi jangan sering-sering dan jangan pake link hidup gan.


4. Target ( Rangking & Pengunjung )



Dalam membuat dan melakukan sesuatu tentu kalau punya target tinggi itu bagus banget gan. Disini sebagai seorang blogger pemula banget, saran gw jangan pasang target yang terlalu tinggi. Misal blog gw harus ada di urutan no 1 Google dan bisa ngalahin blognya si A, si B dll. Ini motivasi yang bagus sebenernya tapi loe juga harus sadar dan realistis kalau loe sebagai pemula butuh waktu untuk bisa mencapai itu semua gan.

Gak usah mikirin posisi di pencarian, tetep fokus buat postingan yang menarik dan kedepannya bakal di baca banyak orang. Dengan begini tanpa disadari apa yang menjadi harapan loe bakal tercapai dengan mudah gan. Jangan sering-sering ngecek posisi postingan di pencarian, karena kalau posisinya jelek bakal bikin semangat loe drop, biarin aja om Google bekerja membawa postingan loe ke posisi teratas dengan syarat isi postingan loe unik dan menarik gan.

Jangan juga terlalu mikirin jumlah pengunjung ke blog loe gan. Hal yang sangat wajar kalau blog baru jumlah pengunjungnya sedikit. Jadi gak usah dibawa stres kalau blog loe sepi, tetep semangat buat sesuatu yang menarik dan yakin sama apa yang loe buat. Dengan begitu tanpa loe sadari kedepannya pengunjung blog loe bakal meningkat dan semakin ramai gan. Gak ada yang mustahil di dunia perbloggingan gan.



5. Sosialisasi ( Promosi )



Ini salah satu hal yang paling penting buat ningkatin jumlah pengunjung dan popularitas blog loe gan. Mensosialisasikan blog loe melalui media sosial ke temen-temen atau orang-orang yang loe kenal gan. Jangan pernah merasa malu mempromosikan blog loe, PD aja sama hasil karya loe gan. Karena ini salah satu cara yang ampuh buat menarik perhatian pengunjung terutama buat blog pemula banget.

Beda kalau loe udah senior, gak perlu promosi pasti blog loe bakal banyak yang ngunjungin gan. Karena blog yang udah lama dan bagus udah punya pengunjung setia dan tetap gan. Juga para blogger senior punya trik masing-masing buat ningkatin jumlah pengunjungnya gan. Jadi buat pemula banget loe harus terus mempromosikan blog baru yang udah dibuat gan.

Tapi ada metode-metode promosi yang harus loe usahain untuk dihindari gan. Di antaranya submit postingan ke sosial bookmark, blog direktori dan artikel direktori. Alasannya karena banyak sosbook, blog direktori, maupun artikel direktori yang kualitasnya buruk gan. Jangan awali blog baru loe dengan hal-hal yang gak berkualitas gan. Mending loe join di forum buat nyari temen dan secara bertahap loe bisa mempromosikan blog loe, tapi jangan mengumbar link terutama link hidup dimana-mana gan.


6. Desain & SEO



Kenapa gw taruh desain dan SEO di bagian belakang? karena yang namamnya pemula kalau udah ngomongin desain sama SEO bakal lupa segalanya. Biasanya blogger pemula seneng banget ngutak-atik desain blognya, bahkan lebih fokus ngurusin desain dari pada buat postingan bener gak gan? Jadi usahain jangan terlalu mikirin desain blog, karena seiring dengan waktu loe bakal bisa bikin tampilan blog yang keren dan profesional gan.

SEO itu memang salah satu elemen penting biar blog yang loe buat bisa ada di halaman depan Google gan. Dimana-mana semua orang ngomongin SEO buat ningkatin rangking blog di mesin pencari. Tapi loe sebagai pemula ada baiknya jangan terlalu mikirin yang namanya SEO karena ini bisa bikin loe bingung gan. Jadi setiap mau buat postingan loe bakal kebayang-bayang yang namanya SEO.

Ini bisa bikin hasil postingan loe gak maksimal karena terlalu mikirin SEO, ngerasa serba salah dan terjebak dengan yang namanya SEO. Jujur ampe sekarang gw gak pernah terlalu mikirin SEO kalau buat postingan, yang gw pikirin cuma gimana postingan gw biar dibaca dan disukai banyak orang gan.

Tujuan utama kita nulis postingan untuk pengunjung bukan mesin pencari gan. Si om Google pun nyaranin kita buat ngelakuin hal ini gan. Untuk urusan SEO buat pemula sebaiknya lakuin hal-hal dasar aja misal memasang meta tag kalau pake Blogger, terus penempatan kata kunci di judul postingan dan submit blog loe ke Google Webmaster Tool sama tambahin Google Analystic di blog ( tutorialnya cari di Google ) gan. Seiring waktu loe bakal lebih mengerti dan memahami gimana SEO itu gan.


7. Belajar



Ini tips terakhir buat pemula banget yakni belajar gan. Kalau kita pengen pinter ya harus belajar bener kan gan. Jangan pernah takut buat belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia blogging gan. Awali buat belajar hal-hal dasar tentang kode HTML, karena kode HTML merupakan elemen dasar sebuah blog terutama di Blogger. Jadi kedepannya loe bakal lebih mudah buat ngedit-ngedit blog gan.

Belajar juga hal-hal dasar tentang SEO lalu secara bertahap loe coba praktekan. Karena SEO itu harus dipraktekan buat ngetahui berhasil apa gak gan. Gw gak bakal bahas SEO terlalu jauh disini, loe bisa baca postingan gw tentang tips SEO untuk pemula gan.

Selain belajar kedua hal di atas loe juga harus belajar dari blogger laen gan. Jangan pernah malu buat bertanya, kalau emang gak enak nanya lewat kotak komentar loe bisa email yang punya blog. Semakin banyak loe belajar semakin bertambah kemampuan yang loe miliki gan.



Itulah tips-tips yang bisa dipertimbangkan buat memulai blogging untuk yang pemula banget gan. Sebelum gw akhiri ini ada beberapa tips sederhana tentang hal-hal yang harus loe hindari dalam blogging untuk pemula banget, berikut ini tipsnya gan :

  • Hindari pakai widget yang berlebihan, selain bikin berat blog juga bikin tampilan blog gak karuan.
  • Memoneytize blog, jangan terlalu banyak pasang banner iklan kalau bisa gak perlu pasang iklan dulu. Biarin blog loe umurnya agak lama dan pengunjungnya mulai rame baru pasang iklan gan. Sederhana aja, blog yang baru tentu gak punya nilai jual yang tinggi kalau di banding blog yg umurnya udah lama. Kalau mau dapet duit dari iklan harus sabar gan.
  • Jangan menonaktifkan fitur komentar, karena loe sebagai blogger harus deket sama pengunjung blog. Tanpa mereka blog yang loe buat gak akan ada artinya gan.
  • Tukeran link sama blog yang gak relevan, biasanya pemula seneng banget tukeran link dan ngerasa bangga kalau punya banyak link dari blog laen ya kan gan? Hati-hati ini melanggar aturan dari Google, kedepannya loe pasti bakal ngerti gan.


Sekian dulu yang bisa gw share kali ini, semoga bermanfaat buat kalian yang ingin memulai blogging terutama bagi pemula banget. Inget juga buat ninggalin komentar di bawah ya, gak usah malu-malu gan.

» Loe suka postingan ini? Silahkan di link back dengan mengcopy kode dibawah gan.

URL :

HTML link kode :

» Luangin waktu 5 detik donk gan buat share postingan ini.

Mau Dapet Updates Gan!

Ikuti SEO Ciyus

468 comments:

  1. No.6 Top dah
    gak ada kata terlambat, jika belajar dan belajar dan terus belajar PASTI nantinya blog kita pun sama seperti blog pendahulu yg udah bagus dan terkenal. oke sob,nice share...
    visit balik yah http://be-bisnis-lah.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. visit balik om
    http://muhammadrizky572.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. good bray
    apalagi saya masih pemula dengan dunia blog ini
    sangat bermanfaat
    visit balik bray
    http://rahmadfajari.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Gunawan Heru, Muhammad Rizky, Caraku Pedia & Rahmadfa Fajari : Sama2 agan-agan semua, thanks. :l

      Delete
  4. salut :i nambah motivasi nih buat ngeblog

    ReplyDelete
  5. wah, tipsnya lengkap banged gan dan mudah di cerna. berguna banged buat pemula seperti saya gan.

    ReplyDelete
  6. nice share, gan! visit balik yah :a

    www.sepatulukisjogja.wordpress.com
    www.membuatsepatulukis.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. ajarin buat desain blog dong :u

    ReplyDelete
  8. terimakasih gan, sangat membantu :g

    ReplyDelete
  9. Wah n: postingannya sangat kreatif, kelihatan bukan copas. Memang kalau kita sering copas blog lain, pengaruhnya juga akan lain, yakni pengunjung akan berkurang. Walaupun Postingannya kelihatannya bagus. Tapi karena copas, ya akan ditinggalkan oleh visitor. Makasih gan atas pencerahannya. Salam Kenal!

    ReplyDelete
  10. mantabs kang artikelnya. gampang di mengerti. lumayan buat nambah ilmu gan. thank's ya kang

    ReplyDelete
  11. infonya sangat lengkap gan...
    http://zamahwae.blogspot.com/

    ReplyDelete
  12. o... ya... gua bantu sharing lwt blog ane ya...
    http://zamahwae.blogspot.com/

    ReplyDelete
  13. Artikelnya keren, tips yg sangat membantu..

    ReplyDelete
  14. nice bgd gan, ijin untuk mempelajari lah klo gitu..

    ReplyDelete
  15. gue termasuk pemula dibloger,,banyak yang belum saya tau.
    gue awam bangettt..
    thank's saran2nya..

    ReplyDelete
  16. jadi termotivasi lagi., keren abis deh

    ReplyDelete
  17. kern bro...sangat membantu untuk para pemula seperti ku...
    hehehe

    ReplyDelete
  18. waahh keren bang, sangar membantu bagi ane yg pemula, tapi ane masih bingung nih gan buat nentuin topik, gimna cara yahh ? tolong kasih saran :)

    ReplyDelete
  19. widihhh mantap bgt dachhh keren blog nya


    sukses ajh gan

    ReplyDelete
  20. saya masih malas dg menulis. Adakah solusi yang tepat ?

    ReplyDelete
  21. Hha....... sebenarnya ana ga ngerti soal blog'blogan tapi setelah baca artikel antum ternyata bikin blog rumit tapi menyenangkan, thank bgt atas infonya.....bermanfaat bgt.

    ReplyDelete
  22. artikelnya mantap nih sob, ditunggu ya kunjungan baliknya

    bravoseo.blogspot.com

    ReplyDelete
  23. Sip banget, gan! Sbagai blogger yg benar2 newbie, mesti banyak belajar. Memang sulit menentuka di awalnya jika kita tidak punya dasar sama sekali. Tak ada yg tak mungkin jika kita mau belajar. Thanks!

    ReplyDelete
  24. Artikelnya bermanfaat, Jangan lupa kunjungi Blogger Dukati thanks!

    ReplyDelete
  25. bagus artikelnya. Semoga aja dapat jadi blogger senior

    ReplyDelete
  26. Ternyata banyak juga ya sob, hal-hal yang harus diperhatikan dalam Memulai Blog Baru, dan terimakasih banyak sudah mau berbagi sobat.

    ReplyDelete
  27. Info nya berguna banget gan,, Thanks ya gan .. :g

    ReplyDelete
  28. artikelnya bagus bgt
    mksh ya atas ifonya
    :c

    ReplyDelete
  29. makasih atas infonya
    artikel nya sgt membantu
    :c

    ReplyDelete
  30. saya pilih no.5, belajar bersosialisasi dan promosi. :)
    thank's gan.

    ReplyDelete
  31. terima kasih banget kakak ..
    keren postingannya :c :g

    ReplyDelete
  32. Mantepp Nih info'e .. :D

    Oiiee.. Punya Blog Yang berisikan Cheat / Cara" Curang Maen Game.. Di larang gak tuh ??

    ReplyDelete
  33. mksh bgd atas ilmu yg udah di kasih om

    ReplyDelete
  34. mantap gan !

    kunjungi jugak anugrahsyaputra.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. Wah... Postingan loe keren, bro... Trims juga atas infonya...

    ReplyDelete
  36. Kalau mau ngeblog apa Harus paham bahasa HTML dulu kak...?
    Maaf Pertanyaannya dari NewBe banget..!

    ReplyDelete
  37. Thank gan,,,,sangat berarti buat pemula seperti gw..

    ReplyDelete
  38. terim kasih artikel bermanfaat sekali salam kenal

    ReplyDelete
  39. thanks gan...postingan ente bermanfaat banget buat ane ya msh newbie nih...bantu sharing di blog ane boleh ya gan??

    ReplyDelete
  40. emang rumit gan kalo pemula seperti saya.....

    ReplyDelete
  41. thank you very much...
    hnya itu yang bsa sya ucapin.

    ReplyDelete
  42. Sangat terinspirasi banget! trims pencerahannya

    ReplyDelete
  43. thanks bgt gan,kalo ane udah punya blog mampir2 ya gan ke blog ane :c

    ReplyDelete
  44. Makasih buat motivasi dan inspirasinya.

    ReplyDelete
  45. makasih atas info'y gan
    ditunggu kunjungannya http://duniagame7.blogspot.com

    ReplyDelete
  46. Thanks gan, tetap semangat buat nge-blog nya, semangatin balik y soalnya aku pemula banget :a

    ReplyDelete
  47. sip banget topik nya. :j
    thank's ya. ini bermanfaat banget buat aku yang sangat pemula masalah blog :)

    ReplyDelete
  48. Kunjungan pagi sob. :)
    Artikelnya bagus nih, mengulas soal tips diatas. Kalo yang sering saya lakukan itu menulis artikel, belajar dan blogwalking. Kalo desain nggak terlalu sering sih. Oh ya, google plus followernya udah saya follow. ditunggu ya kunjungan dan folbacknya. :)
    http://dailybloggerpro.blogspot.com/
    http://rumahcerpenmu.blogspot.com/

    ReplyDelete
  49. Intinya harus tetap fokus ya gan?
    Sebagai pemula ane wajib ngikutin cara di atas, thanks banget gan. :D

    ReplyDelete
  50. nice. berguna banget buat pemula kyak aku. thanks :d

    ReplyDelete
  51. Maksih gan info nya...
    Bermanfaat banget buat ane yang masih newbie di dunia blogger..

    ReplyDelete
  52. makasih ya gan postingannya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  53. w pengen punya blogg kaya gini ni :t tapi gak bisaaa

    ReplyDelete
  54. maksih yaa tips nya, jadi semangat lagi pengen bikin tulisan dan punya blog sendiri, mulai....

    ReplyDelete
  55. mantep gan,,, saya baru mau belajar bkin blog, dan stelah baca ini jadi semakin tertarik..

    nice post..

    ReplyDelete
  56. Jadi pengen belajar bikin blog...

    ReplyDelete
  57. mumet aku ,tpi harus belajar terus

    ReplyDelete
  58. Makasih gan..jadi makin semangat ni buat ngeblog

    ReplyDelete
  59. Siiiipppp.... Mantap... postingannya sangat bermanfaat untuk saya yang masih pemula... terima kasih

    ReplyDelete
  60. Mantapp gan..
    Sangat berguna buat blogger pemula seperti gue

    ReplyDelete
  61. salam blogger... ane masih pemula dan banyak belajar di sini jadi visit back ya....
    cintagame.com | tempatnya para pecinta game dan jual beli game

    ReplyDelete
  62. MAKASIH GAN INFONYA,SANGAT BERMANFAAF SEKALI BUAT SAYA YG MASIH PEMULA

    ReplyDelete
  63. ok bro lo bagus nyadarin gw yg baru bikin blog ,Trim"s

    ReplyDelete
  64. makasih postingan nya sangat bermanfaat
    ditunggu kunjungan nya karna saya masih belajar dan butuh bimbingan nyahttp://trikpemulabloger.blogspot.com

    ReplyDelete
  65. siiipppp;;;
    kunjungi blog w juga ya gan http://muksalmina40.blogspot.com/

    ReplyDelete
  66. jos bro ane jg pemul >> visit y pangeran-tinta.blogspot.com

    ReplyDelete
  67. trims bwt postinganx bang, ngebantu banget bwt aqu,,, mw curhat neh, aqu uda pux blog dri taon 09.. tp yahh, gtu2 aja cmn bwt curhat2an,,, trs tiba2 jdi kepikiran mw ngerubah isi blogqu jdi t4 bwt donlod novel2 original n buku2 teks bahasa n sastra inggris,,, bang, aqu mnta saranx donk...tengkyu..

    thefirstfortunelight.blogspot.com

    ReplyDelete
  68. thanks infonya gan,,semua yg dibutuhkan ada disini,,baru aj belajar ngeblog soalnya..

    ReplyDelete
  69. trimakasih banyak atas informasinya ini membuat gua semangat untuk jadi seorang blogger sejati hehehe

    ReplyDelete
  70. thank gan,artikelnya sngt membntu banet buat pemula sprti saya...

    ReplyDelete
  71. thanks bgt infonya ...mudah2an gw mudeng neh ...gagap soalnya...hehehehe

    ReplyDelete
  72. thank atas infonya ,soalnya barusan nyentuh dunia blogger so,butuh bantuan banget....

    ReplyDelete
  73. artikel macam gini yang dicari banyak orang, makasih udah berbagi. saya sepakat sekali bahwa blog akan menarik jika dipenuhi dg ilustrasi, eh maksudku pada artikelnya ditampilkan gambar hehe

    ReplyDelete
  74. Sangat membantu bagi pemula kak :)

    ReplyDelete
  75. mantap gan

    visit bali dong ajicuakep.blogspot.com

    ReplyDelete
  76. Wah thx banget gan...!!!
    Isinya sangat berguna banget gan..!!! ^^

    ReplyDelete
  77. jadi ingin seperti aente gan,,,,,,
    harus bnyak blajar,,,,
    kita bisa karna terbiasa,,,,

    ReplyDelete
  78. sangat bermanfaat...
    jadi ingin sperti ente...gan,,,,,
    kita bisa krn terbiasa...

    ReplyDelete
  79. jadi ingin seperti aente gan,,,,,,
    harus bnyak blajar,,,,
    kita bisa karna terbiasa,,,,

    ReplyDelete
  80. keren Kak :) sgt bermanfaat, makasii !!! good luck ! ^^''

    ReplyDelete
  81. makasih gan atas infonya, bermanfaat banget

    ReplyDelete
  82. Tipsnya andolen sekali Gan !!!
    berguna bagi blogger pemula seperti ane,,,

    kalau kalian suka dengan musik, bisa berkunjung http://musicasixkamties.blogspot.com/
    thx's

    ReplyDelete
  83. wah cocok ni bagi pemula seperti saya diblog

    ReplyDelete
  84. cara buat SEO gimana Gan, minta penjelasannya?

    ReplyDelete
  85. Pengin bisa bikin blog yg tampilannya kaya gini :k

    ReplyDelete
  86. Terima kasih infonya, sangat menarik dan bermanfaat sekali :)

    aldirahmanuntoro.blogspot.com

    ReplyDelete
  87. makasih banyak ya gan atas informasinya jgn lupa hadi di blog aq ya gan

    http://danieltambunan05.blogspot.com/

    ReplyDelete
  88. trima ksih gan .. Ini sangat brguna untuk para pemula . Terutamanya sya .. Keren

    ReplyDelete
  89. makasih gan,
    artikelnya bermanfaat banget bagi ane yang baru jadi blogger.

    ReplyDelete
  90. matap gan, ane sebagai bloger yang pemula banget bisa belajar nih, harus sering-sering blogwalking supaya nambah ilmunya.
    trimakasih gan.
    salam bloger... ^_^

    ReplyDelete
  91. template blognya keren... ilmunya juga sangat bagus... makasih ya infonya... ane masih belajar gan...

    ReplyDelete
  92. memotivasi banyak orang dan anda layak dapat imbalan berupa pahala dr yg di atas gan hehehhee

    ReplyDelete
  93. sangat memotivasi sekali, anda layak dpt imbalan berupa pahala dr yang maha kuasa heheheh

    ReplyDelete
  94. wah terima kasih yah tipsnya, jangan lupa ditunggu kunbalnya :D
    http://salimarizi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  95. Makasih. Bagus banget infoo nya

    ReplyDelete
  96. Makasih. Berguna bnget info nya

    ReplyDelete
  97. nice posting gan visit balik ya gan http://redfox404.blogspot.com/

    ReplyDelete
  98. Sebagai pemula jadinya seperti ada yang menuntun.....
    Jadi semangat lagi deh...

    ReplyDelete
  99. Wah makasih banget gan , haha

    visit balik yaa :) tuakaklang.blogspot.com

    ReplyDelete
  100. Thanks gan sarannya
    ane Newbie banget nii :)

    ReplyDelete
  101. thanks gan informasinya,moga berguna

    ReplyDelete
  102. thanks banget ya gan infonya.. sangat berguna banget buat saya yang lgi belajar ngeblog..

    ReplyDelete
  103. Lagi blogwalk sob di seociyus. Nice artikel sob. Dalam membuat blog memang harus ditentukan tujuannya dulu dan topik yang akan diangkat. Tapi untuk blog yang saya kelola topiknya masih campur-campur. Hehe.. Soalnya menurut saya ngeblog itu "Yang penting enjoy"

    ReplyDelete
  104. maksih banyak gan, tipsnya bagus banget :g

    ReplyDelete
  105. baru ni gw tertatik buat blajar blog...... tararengkyu..

    ReplyDelete
  106. baru ni gw jd pgn blajar blod,, tararengkyu...

    ReplyDelete
  107. thx gan, artikelnya sangat menarik dan membantu bagi saya yang lagi belajar ngeblog...

    ReplyDelete
  108. thx gan.. infonya sangat menarik dan berguna serta membantu bagi saya yang baru belajar ngeblog....

    ReplyDelete
  109. sangat bermanfaat infonya gan, sy baru belajar blogging nie... pas banget

    ReplyDelete
  110. seociyus keren, tiap kali buka google keluarnya ini

    ReplyDelete
  111. thanks gan makin nambah pengetahuan buat pemula hehe, mohon kunjungannya juga http://katanaputu.blogspot.com/

    ReplyDelete
  112. infonya bermanfaat, terima kasih gan.. lagi belajar buat blog..

    ReplyDelete
  113. artikel menarik, thanks
    back to http://pembela-jaran.blogspot.com/

    ReplyDelete
  114. makasih gan infonya ane nubie nih
    http://sanggar-pengetahuan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  115. Saya bener-bener pemula gan. Tipsnya berguna sekali buat saya. Makasih :-)

    ReplyDelete
  116. ane juga newbie gan. belajar ngeblog.
    http://dunia-artikelku.blogspot.com/

    ReplyDelete
  117. terima kasih gan, info yang bermanfaat..
    Kunbal ya para sahabat blogger
    shennashop.blogspot.com/

    ReplyDelete
  118. makasih gan ..bagus bgt tips tipsnya...berguna bgt buat pemula..

    ReplyDelete
  119. Wah nice info...Membantu bgt buat aku yg baru belajar ngblog.mampir ya gan
    Http://fiqanhea.blogspot.com

    ReplyDelete
  120. sangt membantu :g
    makasih gan info nya

    ReplyDelete
  121. Wah Thanks banget gan, akhirnya langsung berani bikin blog + buat artikel tanpa copas. Tengkyu gan :i

    ReplyDelete
  122. :g makasi banyak gan. akhirnya bisa bikin blog + langsung bikin artikel tanpa copas gan. makasi banyak gan :i

    ReplyDelete
  123. ane baru umur 13 tahun tapi ane baru pemula .. silahkan visit 6juni2000.blogspot.com

    ReplyDelete
  124. wah mantap bgt nh buat saya yang bru belajar nge-blog..
    thanks ya,, :)

    ReplyDelete
  125. Yakin anda bukanlah pemula seperti saya hehehe BTW tks Ilmunya wlo ada beberapa kata awam buat saya

    ReplyDelete
  126. wah tips blogging yang anda sampaikn cukup menarik dan sangat memabantu

    http://blogsnyarido.blogspot.com/

    ReplyDelete
  127. kalo blog nya untuk sekedar ber'iseng ria / kode buat si doi gimana? boleh gak?

    ReplyDelete
  128. kalo blog nya untuk sekedar iseng2 / kode buat si doi, gimana? boleh gak?

    ReplyDelete
  129. Thanks gan infonya, membantu banget.

    ReplyDelete
  130. gan bagaimana buat themplate di blogging >> ???

    ReplyDelete
  131. gan gimana cara membuat themplate di blog ???

    ReplyDelete
  132. gan gmn membuat themplate di blog ???

    ReplyDelete
  133. gan gmn membuat themplate di blog ???

    ReplyDelete
  134. info yang sangat bermanfaat :r
    pengin belajar tp masih bingung harus mulai dari mana :f :r

    ReplyDelete
  135. wahh, cara penulisan bahasanya mantap mas bisa belajar banyak nih dari di sini, disamping saya seorang pemula, di sini saya juga berusaha keras

    intinya dari semua ini, let time determine :r
    salam sukses.

    http://culunmublogspot.com

    ReplyDelete
  136. mantap postingannya gan...
    tp klo sambil konsultasi boleh ga gan
    tks be 4

    ReplyDelete
  137. Trim's bgt gan, salam kenal dulu deh.

    ReplyDelete
  138. terimakasih.. artikelnya sangat bermanfaat sekali untuk blogger pemula seperti saya... :)

    ReplyDelete
  139. terima kasih artikelnya mas.
    sangat membantu.
    mampir ya! http://www.dunia-artikelku.com/

    ReplyDelete

Yang komen spam dan komen asal ga punya otak bego

Terima Kasih

Admin SEO Ciyus

Berikutnya Sebelumnya