Header

Manfaat Dan Kerugian Mengikuti Kontes SEO

Posted by : Admin On 17 February 2013 16 comments

Apa loe pada lagi ikutan kontes SEO gan? Kalo iya pasti donk berharap blog yang loe ikutkan kontes berhasil jadi juara ya gak gan. Belakangan ini kontes SEO emang lagi marak banget di Indonesia dan hadiahnya juga sangat mengiurkan.

Gw sangat yakin motivasi seorang blogger ikutan kontes pasti cuma buat dapet hadiah gak ada yang laen dijamin. Ada yang bilang ikutan kontes cuma buat belajar SEO, atau mengasah kemampuan dalam hal SEO. Apa loe percaya sama alasan ikutan kontes cuma buat belajar gan?


Kalo loe belajar SEO dari ikutan kontes tentu bukan belajar namanya, karena kata kunci sudah ditentuin orang laen dan loe tinggal nulis doank, walaupun dalam menulis emang butuh teknik SEO juga. Dalam mengikuti kontes tentu loe bakal menulis untuk mesin pencari bukan pengunjung bener gak gan.

Pada kesempatan kali ini gw cuma pengen share aja dari pengalaman gw tentang manfaat dan kerugian mengikuti kontes SEO gan. Sebenernya gw gak pernah ikutan kontes SEO secara resmi, tapi gw ikutan cuma buat mencari tau aja manfaat sama kerugiannya alias ikut boong-boongan gan.

Langsung aja kita ke topik utama yakni manfaat dan kerugian mengkuti kontes SEO gan. Kalo loe tertarik silahkan dibaca penjelasan dari pengalaman dan uji coba yang udah gw lakuin di bawah ini gan.



Manfaat Dan Kerugian Mengikuti Kontes SEO




Manfaat


Berbicara manfaat mengikuti kontes SEO kalo menurut gw gak banyak gan, diantaranya adalah :

  • Terus paling ada sedikit peningkatan di unique visitor karena mungkin beberapa peserta yang juga ikutan lomba sedang mengamati isi postingan loe gan, apalagi kalo posisi postingan loe ada di halaman depan Google.
  • Bakal ada yang sering komen di postingan yang loe ikutin di kontes gan, karena mereka yang komen juga lagi ikutan kontes dan berharap dapet backlink dari ngasi komentar gan.
  • Temen loe di blogger bakal bertambah, karena kontes SEO ini di ikutin sama blogger dari berbagai penjuru mata angin gan. Yang di awal mereka gak pernah tertarik sama isi blog loe atau aliran mereka gak sama dengan blog loe. Tapi setelah loe ikutan kontes, mereka tertarik ngasi komentar buat dapet backlink. Dari situ bakal terjalin pertemanan di antara kalian, walaupun lagi berlomba gw yakin mereka tetep menjunjung tinggi asas spotifitas gan.
  • Loe bakal lebih peduli sama yang namanya SEO kedepannya atau bisa jadi sebaliknya loe bakalan gak peduli sama yang namanya SEO dan berpikir apaan SEO gak berpengaruh udah gw maksimalin tapi gak ada hasilnya. Ini bisa terjadi kalo loe stres berat karena gak menang kontes gan.

Beberapa hal di atas yang loe bisa dapetin kalo ikutan kontes SEO gan.


Perlu disimak dan dipahami hal-hal dibawah ini gan :

» Mungkin loe pernah baca, dengan ikutan kontes SEO loe bakal dapet banyak backlink bener gak gan? Menurut gw bisa aja gan kalo loe nebar link di banyak blog, tapi kebanyakan blog yang ada itu nofollow gan. Apa untungnya loe dapet backlink dari blog nofollow? link nofollow itu gak ada harganya di mata om Google gan.

Kalupun blognya dofollow jangan gembira dulu karena komentar yang loe buat bisa di anggep spam sama om Google dan tau pasti apa akibatnya, jadi tetep hati-hati gan.
Update >>> Kalian bisa saja dapet banyak backlink bahkan sampai ratusan ribu kalau benar-benar serius mengoptimasi artikel kontesnya.

» Yang laennya juga mungkin loe pernah baca kalo ikutan kontes SEO bikin postingan kita yang lama dan baru bakal cepet di index sama Google. Gak ada hubungannya kale ikutan kontes sama masalah index mengindex postingan oleh om Google gan.

Kalo masalah cepet enggaknya postingan kita di index itu tergantung dari lamanya waktu kita blogging serta banyaknya dan kualitas postingan yang udah kita buat gan. Kalo loe baru hari ini bikin blog dan buat postingan lalu berharap dalam hitungan menit terindex ya mustahil gan, jadi harus sabar nunggu biar di index paling besoknya udah ada di pencarian gan. Manfaatin Google Plus buat sharing postingan biar bisa cepet di index sama Google gan.

» Terus apa bener juga ikutan kontes SEO menyehatkan dan bikin blog ramah sama mesin pencari? Bisa jadi karena loe bikin postingannya asli bukan hasil copas gan, tapi loe juga harus inget gak semua kontes SEO itu baik di matanya om Google, ada sebagian kontes yang gak sesuai sama aturan webmaster Google.

Misal karena make kata kunci yang riil atau nyata, ini berbahaya dan bisa buat blog loe masuk sandboxnya Google. Bukanya sehat tapi blog loe jadi sakit parah gan. Karena link kata kunci yang di anggep menyalahi aturan tentu bakal di hukum. Bisa aja loe akalin dengan ngisi nofollow, tapi masalahnya kebanyakan link kata kunci dari penyelenggara kontes gak boleh di nofollow gan. 

» Satu lagi ada yang bilang dengan ikutan kontes bakal ningkatin PR blog kita, apa iya bener bisa gan? Menurut gw gak mungkin blog kita PRnya bertambah dari ikutan kontes SEO. Alasannya tentu sederhana Google ngasi PR ke blog itu dihitung dari banyak hal, salah satunya jumlah link yang masuk ke blog kita dari blog yang berkualitas dan relevan.

Kalo kalian ikut kontes siapa juga yang bakal ngelink back postingan kalian gan? Gak bakalan ada atau peluangnya kecil banget bener gak? Jadi dari mana kita bisa dapet backlink dari blog yang berkualitas dan relevan gan. Apa dengan cara menebar link dimana-mana dengan cara ninggalin komentar atau tukeran link? Bukan PR yang loe dapet tapi bisa-bisa blog loe kena semprot om Google gan. Pesen gw selalu inget yang terpenting link itu kualitasnya bukan jumlahnya gan.



Kerugian



Mau tau kerugian kalo kita ikutan kontes SEO, yang pasti lebih banyak dari manfaatnya gan, silahkan dibaca.

  • Yang pertama tentu bakal bikin pengunjung setia blog loe gak nyaman gan. Bayangin aja misal blog loe tentang tutorial blogging tapi loe buat postingan tentang judi atau bank, gak nyambung banget kan. Pengunjung setia blog loe pasti kecewa karena yang mereka harapkan postingan baru seputaran tutorial blogging bener gak gan. Ujung-ujungnya pengunjung blog loe bisa berkurang gan. Tapi kalo pengunjungnya temen loe semua ya gak ada masalah gan.
  • Kalau loe peduli banget sama yang namanya Alexa Rank hati-hati, karena dijamin rangking alexa blog loe bakal merosot tajam gan. Dari uji coba yang gw buat, blog yang sebelumnya ada di kisaran 3jutaan jadi 20jutaan gan, gila bener tapi setelah gw hapus postinganya sekarang turun jadi 8jutaan. Update >>> kasus ini untuk yang ikutan kontes gak serius, dalam arti cuma buat artikel kontes tapi gak di optimasi. Kalau yang serius ikutan apalagi mengikuti banyak kontes maka Alexa rank bisa tambah bagus karena sering buat postingan baru.
  • Hati-hati juga Author Rank loe bisa anjlok di matanya om Google gan. Yang sebelumnya loe selalu menulis postingan berkualitas dan banyak dibaca atau di share orang, sehingga Google menganggap loe seorang penulis yang berkualitas. Tapi karena loe ikutan kontes dan Google menganggap postingan loe gak bermutu dan melanggar aturan, bisa jadi kedepannya postingan yang loe buat bakal sulit bersaing di halaman depan Google walaupun itu menarik gan. Jadi tetep hati-hati gan dalam mengikuti kontes SEO.
  • Blog loe bakal kebanjiran komentar spam, karena sebagian peserta kontes bakal komen di blog loe dengan ninggalin link dengan kata kunci kontes gan. Mereka ini orang yang gak punya kerjaan karena saking ngebetnya menang kontes jadi cari backlink dimana-mana gan.
  • Blog loe bakal sedikit terbengkalai dalam rentang waktu lomba tersebut, karena loe pasti bakal fokus ngecek posisi postingan dan terus ngoptimalin biar bisa ada di halaman depan Google. Gak mungkin kalo postingan loe ada jauh di belakang terus di diemin, sama juga gak ada gunanya ikutan lomba gan.
  • Loe bakal stres tingkat Dewa karena pusing mikirin cara biar bisa ada di halaman depan Google. Browsing sana-sini cari cara biar bisa postingan loe ada di halaman utama. Yang parahnya loe bakal jadi orang yang gak jelas dengan ninggalin komentar plus link dimana-mana gan.
  • Harga diri dan reputasi loe bakal anjlok apabila gak menang gan. Apalagi kalo loe udah terkenal di kalangan para blogger dan blog loe reputasinya bagus dengan jumlah pengunjung yang banyak. Ini bisa terjadi kalo yang ngalahin loe atau jadi juaranya seorang newbie dan blognya gak setenar blog loe gan. Emang gak bakalan ada yang menghina loe secara langsung, tapi perasaan loe bakal galau gan.
  • Waktu, tenaga dan pikiran loe bakal lebih terkuras. Namanya lagi berlomba ya wajar aja, pasti berusaha buat jadi pemenang dan itu memang butuh pengorbanan gan. Gw saranin tetep inget jaga kondisi, kan gak lucu cuma gara-gara ikutan kontes SEO loe jadi sakit gan.
  • Menjadi seorang kontes SEO holic dan lupa tujuan utama loe ngeblog. Bisa aja terjadi karena loe merasa penasaran pengen menang jadinya loe lebih fokus ikutan kontes SEO dari pada ngurusin bikin postingan yang menarik dan sesuai dengan isi blog loe gan.
  • Kerugian yang paling parah tentu blog loe bakal dihukum sama Google. Alasanya mungkin karena si penyelenggara kontes melanggar aturan webmaster Google dan imbasnya blog loe kena juga gan. 
Saran gw bagi yang demen ikutan kontes SEO, kalian request ke Google spam team buat ngasi update list kontes-kontes yang bisa di anggap berbahaya buat peserta gan. Google pasti peduli sama blogger Indonesia yang jumlahnya banyak banget, gak mungkin mereka mengacuhkan gitu aja. Apalagi ada beberapa orang kita yang gawe disana gan.

Kalo merasa kesusahan mungkin kalian bisa buat sebuah perkumpulan, yang khusus mengawasi kontes SEO di Indonesia gan. Atau bisa coba minta bantuan sama anak-anak IFC ( Indonesia Fighter Cyber ) gan.



Gw rasa cukup sekian dulu yang bisa gw share tentang apa sih manfaat dan kerugian mengikuti kontes SEO gan. Kalo ada yang kurang berkenan dari postingan gw ini mohon dimaklumi, karena dunia ini indah dengan adanya perbedaan ya gak gan.

Kalo kalian punya opini yang berbeda silahkan di share juga disini gan jangan malu-malu, kita belajar bersama untuk hasil yang lebih baik. Gw cuma mau bilang, jangan tanya gw tentang bagaimana caranya menang kontes SEO karena gw gak pernah ikutan resmi apalagi menang, jadi gak lucu kalo gw ngasi tips gan.


Semoga postingan gw kali ini bermanfaat buat kalian yang lagi ikutan kontes atau pun baru mau ikut kontes. Gak ada yang melarang kalian buat ikutan kontes SEO, tapi kalian juga harus tetep hati-hati dengan efek negatif dari mengikuti kontes tersebut.

Buat kalian yang lagi berlomba gw doain semoga kalian menang gan. Pesen gw yang terakhir jangan pernah percaya gitu aja sama postingan gw ini, sebelum kalian mencoba dan mengalaminya. Satu lagi jangan lupa ninggalin komentar ya gan.



(Author)


Surya adalah seorang Penulis Blog dan Internet Marketer. Menyukai hal yang berkaitan dengan SEO. Hobinya maen PS dan Nonton Bola. Mulai menyukai dunia Webmaster sejak 2009.

Pengen kenal lebih dekat dengan Surya follow @kuyax_20

» Loe suka postingan ini? Silahkan di link back dengan mengcopy kode dibawah gan.

URL :

HTML link kode :

» Luangin waktu 5 detik donk gan buat share postingan ini.

Mau Dapet Updates Gan!

Ikuti SEO Ciyus

16 comments:

  1. Waah penjelsan yg sngat lengkap
    Thx sob, kunjungan balik yaa :)
    #Sharing4rt

    ReplyDelete
  2. hahaha... ane tertarik banget baca sampai habis posting sobat.. abis seru dan menambah wawasan...

    salam kenal ya sob.. kunjung balik donk
    stasiun-antariksa.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks udah baca postingan gw & semoga blog ente menang kontes gan,.

      psti ntr gw maen2 ke blog loe gan,. :l

      Delete
  3. sampai ngantuk bacanya gan, hehe

    mau numpang tanya, cara buat widget seperti yg ada disini "support seo ciyus" terus dibawahnya ada link untuk dipasang gimana gan,, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngopi dulu biar gak ngantuk gan. :p

      Gw cuma pke gmbar sama text area, gampang gan. kalau gak bisa buat text area ad tu tutorialnya di kode Java & HTML sederhana gan. :l

      Delete
  4. wew...asyik bener baca tulisannya gan, bahasanya santai, menarik dan informatif, nih ane bookmark di browser ane, biar bisa dikunjungin lagi nanti!!!

    ane tunggu deh agan di rumah ane!!!
    labirinblog.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. waah panjangnya..sampe ngantuk gan bacanya..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ngntuk ya tidur gan jgn dpaksain ntar gk mudeng. :r

      Delete
  6. makasih mas boy udah nerangin sampe detil begini :i

    ReplyDelete
  7. Kerugian yang paling parah tentu blog loe bakal dihukum sama Google. Alasanya mungkin karena si penyelenggara kontes melanggar aturan webmaster Google dan imbasnya blog loe kena juga gan.

    contoh pelanggaran dari aturan webmaster google itu gimna? dan kenapa blog kita bisa kena imbasnya??

    ReplyDelete
  8. pengalaman baru sob buat ane..

    www.imamez.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Terima kasoh atas informasinya

    Cherumu.com

    ReplyDelete
  10. Mantaf Sob Artikelnya.
    Kunbal Blog Aku Juga Yah.

    ReplyDelete
  11. info yang bermanfaat banget bos....terimakasih telah berbagi.

    ReplyDelete

Yang komen spam dan komen asal ga punya otak bego

Terima Kasih

Admin SEO Ciyus

Berikutnya Sebelumnya