Header

Cara Membangun Link Alami Untuk SEO

Posted by : Admin On 06 January 2013 22 comments

Di 2012 kita udah ngeliat gimana dahsyatnya penguinnya om Google beraksi dalam membasmi link-link yang gak berkualitas gan. Bukan cuma situs ato blog yang ecek-ecek tapi juga yang TOP pun di babat habis. Ambil sisi positifnya aja, dengan adanya Google penguin maka persaingan para webmaster buat ada di posisi puncak pencarian Google semakin transparan. Siapa yang kreatif dia yang menang ya kan gan.


Di 2013 ini banyak para pakar SEO, bloger dan webmaster cari cara terbaik membangun link alami buat ningkatin rangking tentunya. Mungkin loe juga pasti punya cara sendiri buat membangun link gan. Sekarang gak ada lagi yang namanya cari backlink dari komen-komen spam di blog lain ato forum. Tukeran link sama blog yang gak relevan apalagi blog yang gak berkualitas.


Pada postingan kali ini, gw pengen share dari apa yang gw tau dan pelajari tentang cara membangun link alami gan. Silahkan lanjut baca kalo loe tertarik.



Cara Membangun Link Alami Di 2013 Untuk SEO




1. Sosial Media



Pada postingan yang lain gw juga udah ngejelasin cara ngoptimalin SEO pake sosial media gan. Ada banyak alasan kenapa Google sekarang pake sosial media dalam penghitungan rangking blog kita gan. Yang paling utama tentu aja karena sosial media adalah situs yang paling banyak dikunjungi orang dan tempat berbagi segalanya. Google tau yang orang share pasti konten yang berkualitas.


Gunakan sosial media buat nyari temen yang kira-kira bakal jadi pengunjung blog loe gan. Pertama dari temen-temen deket loe dulu, lalu orang2 yang tertarik sama isi blog loe, dan orang2 yang jadi follower blog ato situs pesaing loe gan.

Kalo udah temenan tinggal sering2 aja berkomunikasi dan share postingan-postingan loe yang menarik ke mereka. Membangun persahabatan dulu dan gw yakin hasilnya loe bakal bisa membangun link yang alami dari sosial media gan.


2. Penulis Tamu



Mungkin cara yang satu ini gak begitu populer buat pemula untuk membangun link. Ngapain nulis di blog orang lain kan kita udah punya blog sendiri pasti mikir gitu. Ato mungkin juga ngapaen ngurusin blog orang laen kan enak dia kita yang nulisin sedangkan ngurusin blog sendiri aja repot bener gak gan?.


Bener banget gan, jadi seorang penulis tamu itu gak gampang apalagi kalo kita aktif nulis di blog sendiri. Tapi manfaat yang kita dapet banyak di antaranya loe bakal punya banyak temen, loe jadi terkenal karena tampang sama nama loe ada di blog orang lain, lalu kita juga bisa dapet backlink gratis dan juga bakal bisa menambah pengunjung blog kita gan.

Untuk jadi penulis tamu gw bakal kasi tipsnya ( buat pemula ) gan :
  • Cari blog yang relevan sama blog kalian tapi jangan sama persis. Loe cari tau isi blognya, amati apa yang ada di blog tersebut kurang lebih setengah jamlah gan.
  • Buat pemula cari blog yang biasa aja tapi berkulitas dan bukan spam gan. Jangan langsung blog yang ngetop dan PRnya tinggi karena loe butuh proses belajar buat jadi seorang penulis tamu. Menulislah di blog lain 1 bulan sekali dulu, semakin lama loe bisa tingkatin intensitasnya gan.
  • Sering2 komen di blog tersebut "tanpa ninggalin link", disini biar loe akrab sama yang punya blog. Jadi pas loe mau nawarin diri jadi penulis tamu lebih gampang gan.
  • Jangan pernah copas postingan asli dari blog loe, karena bakal bikin duplikat konten dan bisa ngerusak rangking blog loe. Selain itu loe juga bakal di anggep gak punya kapasitas.
  • Buat postingan yang berisi link ke postingan lain di blog tersebut gan.
  • Selalu pake image di postingan loe, dan jangan lupa juga di optimasi. Dari alt tagnya sampe ukurannya. Kalo loe ngambil gambar dari situs laen inget di isi sumbernya.
  • Buat postingan yang berkualitas dan inget juga SEOnya jangan asal2an, kalo postingan loe ngetop kan ngefek juga ke blog loe.
  • Ikuti aturan main yang mereka pake buat penulis tamu.
  • Kalo postingan loe udah di publikasikan, pertama loe share ke sosial media jadi temen2 ato pengunjung blog loe tau. 
  • Selalu di cek postingan loe, kalo ada komen disana usahain loe ikutan bales komennya. Biar pengunjung blog tersebut kenal sama loe dan bukan gak mungkin mereka bakal follow loe di sosial media.
  • Yang terakhir isi link ke homepage blog loe di biodata penulis. Kalo punya lebih dari 1 blog isi aja lebih gan kalo dikasi sama yang punya blog. Sama isi link sosial media loe juga gan. Misal temukan saya di FB,Twitter,Google plus ato apalah terserah kalian.


3. Broken Links



Mungkin aneh ya buat kalian yang pemula gan, masak membangun link dengan broken link. Biasanya kita menghindari broken link ya kan gan. Lanjut aja baca nanti kalian pasti ngerti maksudnya gan. Dapet backlink dari broken link ini udah banyak banget dipake sama webmaster handal karena cara ini cepat, efektif dan alami gan.


Kayak gak punya kerjaan aja nyariin broken link ya gan. Gw jelasin sedikit gan apa yang dimaksud sama membangun link dengan broken link. Intinya loe cari broken link di blog orang laen dan nyuruh yang punya blog ganti link tersebut sama link blog loe gan.

Sebelum itu kalian butuh alat dan gw kasi cara yang gampang. Install add on link checker di browser firefox kalo pake chrome install check my links gan. Terus gimana cara nyari broken linknya? Gini gan gw kasi tau stepnya :

  • Pertama loe cari blog yang relevan sama loe, usahain cari blog yang ada PRnya, boleh juga yang PR 0 tapi rangking Alexanya lumayan. Pastiin bukan blog spam dan gak punya outband link yang terlalu banyak, misal lebih dari 100 link. Desain blognya juga diperhatiin sama apa blog tersebut masih aktif gan.
  • Cek blog tersebut ada blog rollnya ato link sahabatnya kagak, ato biar gampang loe langsung cari dari pencarian Google aja dengan cara ketik kayak gini intitle:kata kunci inurl:tukeran link. Tinggal diganti aja kata kuncinya gan, ntar bakal keluar hasil pencariannya blog yang punya page buat tukeran link gan dan sesuai sama kata kunci yang loe ketik. Inget kata kunci harus sesuai sama isi blog loe.
  • Kalo udah ketemu tinggal dicek aja PRnya sama broken linknya. Di blog ini ada toolnya gan pake aja gratis. Ni link toolnya diklik aja Cek PageRank sama Cek Broken Link. Kalo gak mau ribet pake add on yang tadi udah loe install gan.
  • Kalo broken linknya lebih dari 10 mending loe tinggalin blog itu dan cari blog yang laen ampe loe nemuin blog yang broken linknya dibawah 10. Terus loe catet tu alamat broken linknya dan dites juga apa emang bener broken gan.
  • Langkah selanjutnya, loe cari tau siapa yang punya blog itu. Kan biasanya ada tu profilnya ato gak halaman kontaknya. Terus loe kirim email ke webmasternya ato yang punya blog. Gw kasi contoh, tips dan triknya gan.

Hi ( Nama Pemilik Blognya )


Perkenalkan saya ( Nama Loe )


Saya sangat senang membaca blog anda karena artikel-artikelnya sangat menarik.


Saya cuma mau menginformasikan kalau saya menemukan link yang rusak di blog anda. Ini tentu tidak baik buat blog dan pengunjung anda.


Kalau anda mau memperbaiki link tersebut saya cuma memberi saran buat menambahkan link dibawah ini juga karena sangat sesuai dengan isi blog anda.


1. ALAMAT WEBSITE YANG RELEVAN DAN PUNYA PR TINGGI. ( di isi deskripsinya )

2. INI ISI ALAMAT BLOG LOE GAN. ( di isi deskripsinya )


Semoga email ini bisa membantu blog anda.


Saya tunggu balasan emailnya.


Terima Kasih


( Nama Loe )


  • Tipsnya usahain kirim email sekali aja, terus buat alamat urlnya jangan pake alamat yang full ato hyperlink ntar email loe bisa2 masuk ke spam pake teks biasa aja. Triknya loe harus pake nama cewek karena kebanyakan webmaster ato blogger itu cowok bener kagak gan? Jadi dengan loe pake nama cewek pasti bakal lebih tinggi tingkat keberhasilannya.
  • Sekarang loe tinggal nunggu aja balesan emailnya gan dan berharap yang punya blog masang link blog loe. Kalo gak berhasil jangan putus asa coba lagi gan di blog yang lainnya.

Tambahan aja gan, kalo blog ato situs loe menawarkan produk ato jasa. Loe bisa membangun link dengan cara ngadain kontes yang berhadiah. Misal kontes buat artikel review produk loe dan isi syaratnya harus ada link ke blog loe gan.


Sekian dulu yang bisa gw share semoga bermanfaat gan, kalo punya tips tentang SEO silahkan di share jangan malu-malu. Gw cuma mau ngingetin aja jangan lupa berkomentar gan.



(Author)


Surya adalah seorang Penulis Blog dan Internet Marketer. Menyukai hal yang berkaitan dengan SEO. Hobinya maen PS dan Nonton Bola. Mulai menyukai dunia Webmaster sejak 2009.

Pengen kenal lebih dekat dengan Surya follow @kuyax_20

» Loe suka postingan ini? Silahkan di link back dengan mengcopy kode dibawah gan.

URL :

HTML link kode :

» Luangin waktu 5 detik donk gan buat share postingan ini.

Mau Dapet Updates Gan!

Ikuti SEO Ciyus

22 comments:

  1. artikel yg sangat menarik sob, dan aku suka ulasannya yg menarik dan salam kenal dari mico ya, thanks sob. from freedownloadcinema.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks juga udah komentar dan baca artikelnya gan.

      Salam kenal balik dari gw gan. :l

      Delete
  2. bagus banget gan....cuma bingung, karena ada sedikit kesalah point seo ku drop jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks mbak, SEO emang susah dimngerti,. :l

      Delete
  3. kreatif gan (y)
    walau caranya agak ribet, yg pnting blog kita aman :m

    ReplyDelete
  4. i like it... :) he
    nah saya sering yang pake cara SOSIAL MEDIA tuh sob selain buat bikin link alami, juga bisa dapat pengunjung baru, maklum blog saya baru dapet musibah jadi dari 0 lagi sejak april 2013, kalo main backlink di dofollow jarang.

    sip gan..lanjutkan bikin artikel menarik! :)

    ReplyDelete
  5. artikelnya mantap semua.. ijin bookmark ya :D

    ReplyDelete
  6. saya kurang ngerti istilah istilah dari SEO karena saya pemula
    kalau boleh minta email fb nya dong biar enak ngomongin soal SEO

    ReplyDelete
  7. ini merupakan yang bagus gan, apalagi cara yang lewat sosial media, mantap benerr..

    ReplyDelete
  8. terima kasih mas, artikelnya membantu

    ReplyDelete
  9. salam kenal gan..
    numpang menyimak artikelnya gan.. maklum lagi belajar tentang seo blog
    terima kasih gan...
    http://borneoautocad.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. Mantap Bos info nya.. ini yang saya cari cari.. terima kasih yaaa....
    salam dari kami : www.digali.blogspot.com - isi nya Unik, Lucu, Gokil, Extreme, Misteri, Update setiap hari nya... :)

    ReplyDelete
  11. oke sangat bermanfaat gan
    kunjung balik ke : www.newschallengecontest.com
    Trimakasih :)

    ReplyDelete
  12. sangat berguna dan mudah untuk di mengerti gan...trimmm infonya http://saranaserviceac.com/

    ReplyDelete
  13. bagus artikelnya om, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  14. Nais gan. Saya lagi belajar membuat blog, jadi mohon bimbingannya. :)

    ReplyDelete

Yang komen spam dan komen asal ga punya otak bego

Terima Kasih

Admin SEO Ciyus

Berikutnya Sebelumnya