Header

Tips Belajar SEO Untuk Pemula Terbaik

Posted by : Admin On 06 January 2014 46 comments

SEO itu apa sih? Mungkin buat kalian yang baru-baru bloging agak bingung ya, wajar gan gw juga pas pertama ngeblog gak ngerti dan gak peduli sama yang namanya SEO. Setelah lama kelamaan gw mikir kenapa blog gw sedikit banget pengunjungnya dan gak bisa muncul di halaman pertama mesin pencari ( om Google ). Akhirnya gw browsing buat cari tau dan akhirnya ketemu juga ternyata faktor utamanya adalah SEO gan.

SEO itu kalo di bahasa kita adalah optimasi mesin pencari yang fungsinya ngoptimalin dan ningkatin jumlah dan kualitas pengunjung blog atau situs kita dari mesin pencari dan tujuan akhirnya nanti blog atau situs loe bakal ada di halaman pertama mesin pencari gan. Kalo udah nongol di halaman utama kan peluang buat dikunjungi semakin besar gan jadi blog loe bakal rame.

Terus gimana caranya biar blog atau situs kita jadi SEO?. Gw share sedikit tips yang paling penting buat SEO gan silahkan disimak.




Tips SEO Untuk Pemula



1. Konten atau Postingan ( Asli dan Menarik )


Dari pengalaman gw dan beberapa temen webmaster handal, konten ini jadi faktor utama gan. Mesin pencari khusunya om Google seneng sama yang namanya konten. Gw saranin buat konten yang menarik dan memberikan banyak informasi buat pengunjung blog atau situs kalian gan. Terus konten yang loe buat harus relevan sama blog atau situs loe, misal blog loe tentang masakan terus loe buat postingan tentang SEO kan gak nyambung gan dan peluang buat postingan loe bakal ada di halaman utama dibawah 50%.

Usahain buat konten yang ada kaitanya sama kata kunci yang pengen loe optimalin gan. Jangan buat postingan cuma ngandalin copy paste. Kalo loe pengen copas usahain isi link back dari mana loe copas tu konten gan.

Yang terakhir tetep update postingan loe minimal 1 postingan setiap bulan, lebih sering lebih baik gan.


2. Judul ( Title Tag )


Judul ini sangat penting gan karena dari judul bisa memberi tau si mesin pencari ato pengunjung tentang isi postingan loe. Jadi buat judul yang menarik dan relevan sama isi postingan dan berisi kata kunci yang mau di optimalkan. Usahain buat judul gak lebih dari 70 karakter gan.


Title tag ada banyak dari h1 sampai h6 tapi gw saranin jangan pake h4, h5 dan h6 di postingan gan. Terus untuk h1 nya usahain cuma ada 1 buat fokusin si mesin pencari ke postingan loe.


3. Link Antar Halaman ( Internal Link )



Link antar halaman harus ada di setiap postingan buat ningkatin posisi postingan blog atau situs kalian di mesin pencari juga buat ngemudahin pengunjung pindah ke halaman posting yang lainnya gan. Usahakan buat link antar halaman yang relevan gan, misal postingan tentang makanan buat linknya juga ke postingan yang ada konten makanannya.


4. Meta Tag ( Data )


Ini yang paling banyak di optimalkan oleh pemula dan webmaster handal sekalipun bener gak gan? Kalu urusan SEO meta tag penting banget. Buat di Blogger kalian bisa nambahin meta tag secara manual.. Kalau di Wordpress pake aja plugin gan, yang bagus pluginya Seo Yoast ato bisa tambahin secara manual meta tagnya di header.php di bawah kode <title><?php bloginfo('name'); ?><?php wp_title(); ?></title> gan.


Meta description harus ada di setiap postingan gan biar mesin pencari tau postingan kalian dan ningkatin posisi di halaman pencarian. Di Blogger caranya gampang setiap buat postingan inget di isi kotak kososng Search Description di samping kanan gan. Kalo di Woedpress udah ada fitur di pluginya, jadi tinggal di isi aja. Inget deskripsinya gak boleh lebih dari 160 karakter gan.

Kalo mau buat meta tag pake meta tag generator aja gan.


5. Backlink



Backlink ini cara buat mengoptimalkan SEO secara off page gan. Setiap webmaster pasti pake cara ini walaupun prosesnya bakal lambat dalam mengoptimalin SEO. Gimana caranya dapet backlink? Banyak cara yang bisa kalian lakuin gan di antaranya :

  1. Submit blog atau situs kalian ke blog/website directory. Sebelum loe submit blog atau situs kalian cek dulu apa blog/website directory tersebut legal apa gak gan.Tempat submit blog yang paling terkenal dmoz gan.
  2. Sering-sering berkomentar di forum atau blog orang lain gan gak masalah walupun di isi nofollow siapa tau salah satu pengunjung forum atau blog tersebut ngeklik link loe kan nambah jumlah pengunjung blog gan.
  3. Buat postingan unik dan menarik biar ada pengunjung yang ngelink back ke postingan kalian.
  4. Tukeran link gan, sekedar info banyak webmaster melarang cara ini karena gak baik buat SEO dan bisa kena hukum Google. Tapi buat gw ini boleh aja dengan syarat sebagai berikut gan : » Loe harus tukeran link sama blog atau situs yang relevan. » Jangan tukeran link sama blog ato situs yang kebanyakan outbond link. » Jangan terima tukeran link dari email yang gak jelas. » Jangan tukeran link sama blog yang isi halamanya iklan semua. » Jangan sekali-kali tukeran link sama situs yang berbau pornografi atau pun judi. » Jangan berlebihan loe tukeran link, dijamin blog loe bakal di hukum kalo ketauan om Google.

Backlink yang terbaik adalah one way link gan yang artinya link yang masuk ke blog atau situs kalian tanpa harus kalian pasang link mereka. Peringatan keras dari gw, jangan pernah sekali pun kalian beli backlink ntar loe di hukum sama om Google gan.



6. Sosial Media


Setiap buat blog atau situs selalu pasang tombol berbagi ke sosial media ato share button gan. Fungsinya buat ngemudahin pengunjung berbagi postingan loe ke sosial media, kalo mereka share postingan loe secara otomatis postingan loe bakal nongol di akun sosial media mereka dan bakal di liatin sama temen2nya dan peluang besar buat temen2nya buat ngnjungin blog ato situs kalian gan. Bisa baca postingan gw tentang cara buat share button melayang.

Jadi intinya buat ningkatin jumlah pengunjung. Selain itu loe juga dapet backlink dari situs jejaring sosial yang gak perlu ditanya lagi PRnya berapa gan.


7. Tampilan Blog atau Situs



Tips yang terakhir dari gw gan adalah tampilan blog atau situs loe. Buat tampilan yang simpel tapi menarik kalo bisa hindari pake flash karena bakal ngeberatin blog kalian. Buat navigasi blog yang gampang buat pengunjung, jadi mereka gak susah buat nemuin postingan kalian.

Jangan pasang banner iklan terlalu banyak karena bakal bikin pengunjung sebel, bayangin aja loe yang berkunjung ke blog yang penuh sama banner iklan apa gak sebel gan?


Sekian tips dari gw semoga bisa memberi inspirasi buat kalian para pemula yang mau optimisasi SEO, kalo kalian punya tips lain silahkan di share disini. Jangan lupa berkomentar gan.



(Author)


Surya adalah seorang Penulis Blog dan Internet Marketer. Menyukai hal yang berkaitan dengan SEO. Hobinya maen PS dan Nonton Bola. Mulai menyukai dunia Webmaster sejak 2009.

Pengen kenal lebih dekat dengan Surya follow @kuyax_20

» Loe suka postingan ini? Silahkan di link back dengan mengcopy kode dibawah gan.

URL :

HTML link kode :

» Luangin waktu 5 detik donk gan buat share postingan ini.

Mau Dapet Updates Gan!

Ikuti SEO Ciyus

46 comments:

  1. Sangat bermanfaat untuk pemula kaya saya ini :g

    ReplyDelete
  2. sy baru belajar boz, masih bingung cara gunakan bloq gimana , tolong bantuanx boz trima kasih

    ReplyDelete
  3. terimakasih infonya..sanagt bermanfaat bagi saya..apa lagi baru

    ReplyDelete
  4. nice tips gan

    http://seotoolsoft.blogspot.com/p/online-tools.html

    ReplyDelete
  5. infonya keren keren mas... https://maestrotanpamata.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. keren nih jadi harus banyak2 blogwalking juga ya sob :)

    ReplyDelete
  7. wah kayaknya cocok banget ni untuk praktek yang sudah diajarkan di blog ini dengan mengikuti lomba menulis SEO

    ReplyDelete
  8. keren kakak tipsnya..ane udh blogs sejak jan 2014, tapi UV ga pernah tembus 100/day..semoga tips SEO ini dapat mendongkrak UV blog ane

    ReplyDelete
  9. sebagai pemula, sebaiknya fokus menulis artikel SEO pada website. Hal ini saya berlakukan untuk klien Jasa SEO kami

    ReplyDelete
  10. terimakasih gan , artikel ini membantu untuk pemula yang baru gabung ngeblog

    ReplyDelete
  11. Produk di Jamin Asli.
    ELECTRONICSOLUTION-SHOP.
    Menawarkan harga Promo , Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang Asli Original Garansi Resmi Distributor dan Garansi Tam .Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya,
    Berminat Hub: Hotline/sms: 0857-7087-2865 ATAU KLIK
    WEBSET RESMI KAMI http://electronicsolution-shop.blogspot.com
    BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Toshiba>Led tvlg>Led tvSamsung>Nikon>Canon>DLL

    Dijual,
    Ready Stock !
    Blackberry Bold 9780
    Harga Promo Rp.1.500.000,-
    Ready Stock !
    BlackBerry Bold Curve 9300,
    Hrg promo Rp.1.000.000,-
    Ready Stock !
    BlackBerry Torch 9800
    Rp.1.600.000,-
    Ready Stock !
    BlackBerry Z10
    Rp.3.500.000,-
    Ready Stock !
    BlackBerry Q 10
    Rp.4.000.000,-
    Ready Stock !
    Samsung Galaxy S3 Mini
    Rp. 2.700.000,-
    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Ace
    Rp.1.400.000,-
    Ready Stock !
    Samsung Galaxy S2
    Rp.2.500.000,-
    Ready Stock !
    Samsung Galaxy S4
    Rp.4.500.000,-
    Ready Stock !
    Nokia 808 Pure View
    Rp.4.200.000,-
    Ready Stock !
    Nokia Lumia 820
    Rp. 2.700.000,-
    Ready Stock !
    Nokia Lumia 920
    Rp.3.400.000,-
    Ready Stock !
    Nokia Lumia 620
    Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock !
    Apple iPhone 5G 16GB
    Rp.4.100.000,-
    Ready Stock !
    Apple iPhone 4G- 32GB
    Rp.3.500.000,-
    Ready Stock !
    Apple iPhone 3G-16GB
    Rp.2.900.000,-
    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S-64GB
    Rp.4.000.000,-
    Ready Stock !
    Acer Aspire one 756
    Rp.1.400.000,-
    Ready Stock !
    Acer Aspire E1-471G
    Rp.2.800.000,-
    Ready Stock !
    Acer Aspire S5 Ultrabook Core 17
    Rp.7.000.000,-
    Ready Stock !
    Toshiba Satellite C800D-1006
    Rp.2.500.000,-
    Ready Stock !
    Toshiba Satellite C800D-1003
    Rp.1.500.000,-
    Ready Stock !
    Toshiba Satellite L840-1045XR
    Rp.3.700.000,-
    Ready Stock !
    Led TV Lg 42 inch LN5100
    Rp 3.500.000,-
    Ready Stock !
    Led TV Lg 42 inch LN5710
    Rp. 4.000.000,-
    Ready Stock !
    Led TV Lg 39 inch LN5100
    Rp. 3.000.000,-
    Ready Stock !
    Led TV Samsung UA 32 inch F5000
    Rp. 2.100.000,-
    Ready Stock !
    Led TV Samsung UA 32 inch F4000
    Rp.1.500.000,-
    Ready Stock !
    Nikon D5100+18-15Kit
    Rp 3.500.000,-
    Ready Stock !
    Nikon D3000 Kit 18-15mm VR
    Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock !
    Nikon D3200 Kit 18-105mm VR
    Rp 3.100.000,-
    Ready Stock !
    Canon Eos 600D Kit EF-S 18-135mm
    Rp.3.800.000,-
    Ready Stock !
    Canon Eos 70D Kit EF-S 18-55mm is stm
    Rp.4.700.000,-
    Ready Stock !
    Canon Eos 600D Body
    Rp.2.500.000,-
    Nikmati berbagai keuntungan berbelanja di sini.
    - Barang berkualitas dan harga relatif lebih murah
    - Dapat diantar ke seluruh indonesia
    - Keamanan di jamin karna setiap pengiriman di sertai asuransi proses cepat dan sederhana
    Barang di jamin 100% original baru dan bergaransi resmi.

    Kami melakukan Pengiriman barang lewat Tiki atau Jne ,Pos,Cargo,bagi luar kota,Ongkir ditanggung pembeli
    Satu-Satunya Toko Online Shop yang berani menjual barang di bawah harga normal (standar) di seluruh Indonesia Aman dan Mudah terpercaya .
    Berkat Anda Usaha Kami Jadi Semakin Lancar,Terima kasih telah berbelanja di electronicsolution-Shop.
    ============SELAMAT BERBELAJA =================


    ReplyDelete
  12. Thanks Gan Tutornya,..
    Nice Pos,..

    ReplyDelete
  13. Thanks Mas,
    Link Back ya ..
    http://amandarentacarpku.blogspot.com/

    ReplyDelete
  14. masih bingung nih gan... di pencarian belum nongol2 nih blog gue

    ReplyDelete
  15. gan kalo nofollow itu artinya apa yah???

    ReplyDelete
  16. info yang sangat menarik buat saya yg masih newbie
    blog amatir ane iyannamikaze.blogspot.com

    ReplyDelete
  17. baru beberapa hari ini belajar SEO, terimakasih ilmunya

    ReplyDelete
  18. makasih banyak atas infonya.ini sangat membantu buat saya.

    ReplyDelete
  19. Konten Adalah Raja Dan Backlink Adalah Ratu... www.okartikel.com

    ReplyDelete
  20. Thanks atas infonya , ngebantu bgt..

    ReplyDelete
  21. yang berguna gan.

    cuma info aja, bagi teman-teman yang berminat.
    dijamin bagus dan berkualitas
    kaos polos

    ReplyDelete
  22. gan kalo maksud link antar halaman gimana tuh

    ReplyDelete
  23. makasih atas tipsnya, sebagian udah saya lakukan juga.

    ReplyDelete
  24. info yang sangat berguna ,ijin mempraktekan gan
    by admin Wisata Pantai Selatan

    ReplyDelete
  25. Sangat berguna sekali gan......
    masih belajar SEO nih
    http://marketingcitraalam.com/

    ReplyDelete
  26. Terima kasih tips brother.
    kunjungi jg bro Hasrullahandas.blogspot.com

    ReplyDelete
  27. TERIMA KASIH

    Lebih banyak cerita, infomasi semasa dan seksi di KLIK SINI

    ReplyDelete
  28. jgn lupa mampir di mari gan http://mutiarapoker.com

    ReplyDelete
  29. Usefull for beginner bro...
    Thanks a lot for all article..
    If u have a little time....Plz check my new blog... and
    suggest me... what can i do next...
    http://pagidinihari.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  30. CAD CAM Training In Bangalore . www.gyanguide.com/bangalore-cad-cam-cae-training-institutes

    ReplyDelete
  31. kereenn gan tipsnya

    http://sausanhijab.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantab gan..

      http://www.alfianamengg.blogspot.com

      Delete
  32. ilmu jadi nambah

    Globallberiita.blogspot.com

    ReplyDelete
  33. Thank gan
    http://harianpiston.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  34. Gan kalo link antar halaman ..... Buat apa gan ??
    Maaf baru pemula

    ReplyDelete
  35. Akan coba saya terapkan. Terimakasih infonya..

    ReplyDelete

Yang komen spam dan komen asal ga punya otak bego

Terima Kasih

Admin SEO Ciyus

Berikutnya Sebelumnya