Header

Hal Yang Perlu Dihindari Dalam Optimasi SEO

Posted by : Admin On 01 January 2013 6 comments

Setiap bloger atau webmaster pasti pengen blog atau situsnya nangkring di halaman depan mesin pencari terutama Google, termasuk loe juga kan gan?. Cara buat dapetin itu ya dengan mengoptimalkan SEO di blog kita. Tapi banyak hal yang mungkin loe gak tau dalam SEO dan salah kaprah memahaminya yang bakal buat blog loe gak akan pernah muncul di halaman utama Google gan.


Pada postingan kali ini gw pengen share hal-hal yang perlu loe hindari dalam optimasi SEO, biar blog loe bisa bersaing ada di halaman utama Google gan. Cuma sekedar info beberapa hal yang bakal gw jelasin merupakan pengalaman pribadi dan gw pernah nyoba ngelakuinnya gan. Langsung aja disimak baek-baek gan.



Hal Yang Perlu Dihindari Dalam Optimasi SEO




1. Postingan Yang Sama



Ini istilah kerennya duplicate content gan, hindari loe buat postingan yang sama persis dengan blog laen ato di blog loe sendiri. Menurut gw dan banyak webmaster handal, postingan merupakan #1 yang paling ampuh buat SEO gan. Google paling demen dengan yang namanya postingan, tapi yang memamng bener-bener baru dan menarik gan.


Jangan nyoba deh loe copas artikel orang laen dan pasang di blog loe sama persis dengan aslinya tanpa ngelink back. Silahkan aja kalo mau cari inspirasi dari blog laen buat nulis postingan baru itu sah-sah aja gan. Misal loe mau copas postingan orang laen, loe harus link back ke sumbernya gan biar loe gak dikomplain dan di laporin menduplikasi postingan ntar blog loe bakal di hukum sama om Google gan.

Jangan coba-coba nipu robotnya Google sama trik beginian kalo loe males nulis postingan gan, karena si robot bakal tau coz dia lebih pinter dari kita gan.


2. Merubah Link



Merubah link ato cloaking link ini sering dilakuin buat link yang menghasilkan duit misal link iklan. Memang ada caranya buat merubah link biar gak ketauan sama Google gan apalagi di Wordpress cuma pake plugin loe dengan mudah bisa ngerubah link.


Yang pengen gw tekanin disini adalah pengunjung blog loe, gak ada satu orang pun yang seneng dibohongin termasuk loe bener kagak gan? Nah dengan loe ngerubah link sama juga loe nipu pengunjung, biar ngeklik link yang menuju ke halaman tertentu yang gak mereka inginin. Mereka tentu bakal kecewa dan bakal berpikir dua kali buat balik lagi ke blog loe, kepercayaan terhadap blog loe hilang gan.

Resiko yang paling parah kalo ketauan Google, blog loe bakal lenyap dari mesin pencari gan. Ini bukan omong kosong gan, gw pernah nyoba dan merasakan akibatnya. Postingan gw yang ada di halaman depan Google ilang gitu aja gak tau kemana, gw cariin ampe 10 halaman gak ada juga. Akhirnya gw perbaharui lagi blog gw, ya lumayan beberapa bisa kembali tapi prosesnya lama gan.

Kalo loe buat situs ato blog untuk program affiliate, cloaking ini perlu gan. Keuntungannya bikin urlnya lebih rapi, terus pengunjung udah tau kalo dia bakal ngeklik link affiliate jadi gak perlu takut juga buat nambah persentase klik gan. Dan sejauh ini Google masih baik-baik aja sama affiliate link, dan kalo loe mau cloaking affiliate link inget di nofollow gan.



3. Judul Tidak Relevan



Pengen biar blog rame dikunjungi, terus buat judul yang menarik tapi isi postinganya gak ada kaitanya sama judul. Wah ini penipuan juga namanya gan, robot Google bakal gak peduli sama postingan loe. Dijamin postingan loe gak akan dapet rangking yang bagus di pencarian Google gan.


Bukan cuma itu aja, pengunjung blog bakal kecewa berat kalo blog yang mereka kunjungi cuma judulnya doank yang menarik tapi isinya bullshit ya kan gan.


4. Menyebunyikan Teks



Jangan pernah loe lakuin hal ini gan, misal loe buat warna teks sama ama warna background blog loe dengan maksud dan tujuan tertentu. Misal biar keyword loe jadi banyak biar dapet rangking bagus di mesin pencari, gak bakal mempan gan. Dan dijamin blog loe bakal dikeluarin dari mesin pencari dan gak bakal pernah di index. Sekali lagi jangan coba-coba ngalakuin black hat SEO gan resikonya besar.


5. Lupa Alt Tag Dan Anchor Teks



Alt tag sama anchor teks ini sangat penting buat SEO gan. Alt tag di image bakal ngemudahin robot Google tau gambar apa sih di blog loe gan. Inget selalu namain alt tag gambar yang ada kaitanya sama kata kunci, tapi jangan berlebihan pake nama alt tag dengan kata kunci ntar blog loe di hukum sama Google gan.


Untuk anchor teks yang belum tau adalah teks yang loe isi link jadi kalo pengunjung ngeklik teks itu bakal dibawa ke halaman laen gan. Dengan adanya anchor teks bisa ngemudahin pengunjung buat pindah halaman juga gan. Kalo buat anchor teks yang relevan juga sama link tujuannya jangan nipu gan.


6. Optimasi Yang Berlebihan



Jangan terlalu pusing dengan yang namnya SEO gan. Gak usah terlalu over loe ngoptimalin SEO blog karena blog loe bakal kena hukum kalo terlalu di optimasi. Gw punya blog yang optimasi SEOnya bisa dibilang hancur gan, tapi kenyataanya blog gw itu hampir semua postinganya ada di halaman depan Google.


Buatlah postingan yang menarik gan dari pada loe pusing dengan optimasi SEO. Blog yang punya konten yang menarik tanpa optimasi SEO yang berlebihan bakal lebih di hargai mesin pencari dari pada blog yang optimasinya bisa dibilang perfect tapi kontenya buruk gan.


7. Kualitas Backlink



Backlink memang salah satu cara mengoptimalkan SEO secara off page, tapi kesalahan dalam memilih backlink bisa berakibat fatal gan. Bukannya blog loe dapet page rank yang tinggi tapi bisa-bisa di anggep spam sama Google.


Jangan pernah membeli backlink walaupun blog loe dijanjiin bakal dapet pagerank tinggi. Usahain jangan daftarin blog loe ke situs link exchnage gan. Kalo loe mau tukeran link sesama bloger usahain dengan blog yang relevan dan dofollow. Backlink yang buruk bakal ngerusak blog loe.

Loe harus inget backlink itu masalah kualitas bukan jumlah gan. Ow ya lupa gan, jangan loe susah payah nyari backlink kesana kemari, fokus buat konten yang bagus dan gw yakin loe bakal dapet backlink secara alami dan Google demen dengan backlink alami.



Info : Jangan pernah percaya gitu aja sama semua yang loe baca di internet tentang SEO sebelum loe mencoba gan. Loe harus tetep melakukan uji coba dan belajar terus tentang SEO gan.


Sekian dulu yang bisa gw share kali ini, semoga aja ini bermanfaat buat kalian gan. Kalo punya tips SEO silahkan di share disini, dan jangan lupa komentarnya gan.



(Author)


Surya adalah seorang Penulis Blog dan Internet Marketer. Menyukai hal yang berkaitan dengan SEO. Hobinya maen PS dan Nonton Bola. Mulai menyukai dunia Webmaster sejak 2009.

Pengen kenal lebih dekat dengan Surya follow @kuyax_20

» Loe suka postingan ini? Silahkan di link back dengan mengcopy kode dibawah gan.

URL :

HTML link kode :

» Luangin waktu 5 detik donk gan buat share postingan ini.

Mau Dapet Updates Gan!

Ikuti SEO Ciyus

6 comments:

  1. makasih infonya gan , lagi belajar-belajarnya nih ....

    ReplyDelete
  2. mumet gan pake jurus seo,mending jadi diri sendiri,saya setuju sama tehnik seo yang bernama "persetan dengan seo" :D,makin di resapi makij gila

    ReplyDelete
  3. Siiippp gan... bermangfaat banget infonya

    ReplyDelete

Yang komen spam dan komen asal ga punya otak bego

Terima Kasih

Admin SEO Ciyus

Berikutnya Sebelumnya