Header

Cara Menampilkan Foto Author di Pencarian Google

Posted by : Admin On 21 December 2012 3 comments

Foto author di pencarian Google, selain bikin loe tambah populer juga nambah pengunjung di blog gan. Setiap orang yang search di Google bakal liat foto loe jadi blog loe keliatan lebih profesional dan mereka bakal beranggapan blog ini kayaknya layak buat dikunjungin.


Mau tau cara bikinya gan ato udah pernah bikin tapi gak berhasil? Ok langsung aja gw bakal share cara yang paling ampuh biar foto author ada di pencarian Google, disimak gan.



Cara Menampilkan Foto Author di Pencarian Google


  • Pertama-tama kalian harus punya akun Google plus, kalo belum ada buruan bikin dulu.
  • Kalo udah kita lanjut gan ke step berikutnya. Kalian harus bikin link profile Google plus di mana aja bisa di sidebar, header ato footer blog, bisa pake tulisan ataupun image. Buat linknya kayak dibawah ini.

  • Ganti linknya sama link Google plus kalian, misal punya gw kayak gini "https://plus.google.com/103761628986843100763" trus tulisan Join me on Google+ bisa diganti sesuka hati kalian.
  • Kalau mau pake gambar silahkan copy kode dibawah gan. Hasilnya misal kayak gambar itu gan.



Sekedar info fungsi rel=author itu buat ngasi tau si robot kalo kalian author blog tersebut gan.

  • Selanjutnya buat halaman statis "about me" kalo udah ada ya baguslah. Trus tambahin link di salah satu kata di halaman tersebut pake link Google plus kalian sama loe tambahin rel="me" di linknya. Ngerti kagak gan? Contohnya kayak gini gan. 


  • Tinggal diganti link Google plusnya sama tulisan SEO Ciyusnya gan.


  • Sampe disini lancar kan gan, lanjut sekarang buat link halaman about us di footer blog gan. Copy link laman about us kalian lalu taruh di footer. Contoh linknya gini gan.



  • Cara buat linknya bisa dari add gadget ato melalui edit HTML gan tergantung template blog kalian.

  • Semua beres sekarang lanjut loe menuju ke Google Authorship tinggal isi email disana lalu klik Signup for Authorship. Lalu cek inbox email loe cari email yang dikirim sama Google+ team, trus verify tu email gan.
  • Setelah kebuka tab baru trus edit profile Google plus kalian. Yang pertama ganti foto profile loe, ukuran terbaik 150px x 150px gan. Lalu lanjut cari About scroll kebawah klik Contributor to, pilih Add custom link gan. Untuk Label isi dengan nama blog kalian lalu URL sama url home page blog kalian dan save.

  • Lanjut pilih Links gan, lalu tambah link Home page blog sama halaman About blog kalian, stepnya sama kayak ngisi Contributor to. Kalian juga bisa nambahin link Facebook sama Twitter disana lalu save dan balik ke atas pilih Done editing

  • Langkah selanjutnya kalian masuk ke +1's lalu centang show this tab on your profile dan klik save, akhirnya udah beres semua gan.

  • Saatnya menguji apa kalian udah berhasil belum buat nampilin foto author di pencarian Google. Pergi ke Rich Snippets Tool gan trus masukin url blog kalian lalu klik preview. Kalo loe ngikutin step di atas dengan bener pasti berhasil terus foto kalian bakal nongol deh siana dan ada kotak ijo yang tulisanya verified gan.
  • Sekarang tinggal nunngu aja gan minimal 2 x 24jam foto kalian bakal muncul beneran di pencarian Google. 

Tips di atas emang agak ribet gan dibanding cara lain yang lebih simpel tapi menurut pengalaman gw cara ini terbaik dan pasti berhasil gan. Gw gak akan share cara yang lebih simpel kalo kalian mau coba search aja di Google.

Sekian dulu tips dari gw gan semoga bermanfaat. Kalo kalian nemuin problem di Rich Snippets Tool misal seperti ini :

Warning: Missing required field "entry-title".
Warning: Missing required field "updated".
Warning: Missing required hCard "author".
Warning: At least one field must be set for HatomFeed.

Kalian bisa cek cara mengatasi error snippets tool.

» Loe suka postingan ini? Silahkan di link back dengan mengcopy kode dibawah gan.

URL :

HTML link kode :

» Luangin waktu 5 detik donk gan buat share postingan ini.

Mau Dapet Updates Gan!

Ikuti SEO Ciyus

3 comments:

Yang komen spam dan komen asal ga punya otak bego

Terima Kasih

Admin SEO Ciyus

Berikutnya Sebelumnya